Bertunaslah Seperti Pohon Kurma


Bertunaslah Seperti Pohon Kurma
Ada kata kata bijak yang mengatakan,"Bertunaslah Seperti Pohon Kurma, "

Kenapa?  dan apa makna dibalik kata bijak tersebut?
Pohon kurma yang lazim tumbuh di Timur Tengah dengan kondisi tanah kering ,gersang ,tandus dan kerap,dihantam gurun pasir yang dahsat.Tentu hanya tumbuhan tertentu dan yang mempunyai daya tahan yang kuat yang bisa tumbuh, tumbuh di tempat tersebut,dan hanya pohon kurmalah yang bisa  bertahan hidup disana.

Keunikan pohon kurma yang mempunyai daya tahan hidup yang hebat ,ternyata terletak pada kekuatan akarnya.Petani diTimur Tengah menanam biji kurma  ke dalam lubang pasir lalu ditutup dengan batu.

Mengapa harus ditutup dengan batu?  Ternyata ,batu tersebut memaksa pohon kurma untuk tumbuh keatas.Karena pertumbuhan  batang keatas  mengalami hambatan,maka pertumbuhan akar ditanah menjadi maksimal.Akar tumbuh kebawah dengan kuat,setelah akarnya benar benar kuat,barulah biji pohon kurma tumbuh keatas,bahkan bisa menggulingkan  batu yang menahan diatasnya.

"Ditekan dari atas, supaya bisa mengakar kuat kebawah."
Bukankah itu merupakan,"Prinsip  kehidupan yang luar biasa".

Sekarang kita tahu mengapa Allah seringkali mengizinkan tekanan hidup datang
bukan untuk melemahkan ,menghancurkan,tapi sebaliknya Allah menghendaki atau mengizikan tekanan hidup itu untuk membuat kita berakar makin kuat.Tak sekedar bertahan tapi juga akan menyelesaikan  dan bisa keluar menjadi pemenang.

Milikilah cara pandang hidup yang positif,apapum kesulitan yang kita hadapi justru akan menguatkan kita bukan melemahkan.

Sumber:Media dakwah dan silaturahmi
"Yamubina"





Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte