Dawuh Guru

 Dawuh Guru



Oleh :Endang S

"Di mana pun berada  bacalah Al-Qur'an dan jangan pernah berhenti untuk belajar" itulah dawuh guru mengajiku yang selalu beliau ucapkan saat usai mengajar ngaji. Nasehat ini sangat sederhana namun mempunyai arti yang sangat medalam. Waktu nasehat itu aku dengar kemudian aku cerna  dalam pikiran  maksudnya apa ya. Setelah seiring  waktu berlalu aku baru bisa menangkap maknanya dan itupun merupakan  penjabaran dari pikiranku yang sangat terbatas ini.


Membaca Al-Qur'an memang harus dilakukan setiap saat. Karena dengan membaca Al-Qur'an hati bisa tenang. Rumah yang senantiasa dipakai untuk membaca Al-Qur'an menjadi sangat  damai dan sejuk. Itulah dahsyatnya Al-Qur'an.


 Adakalanya  sebuah iman bisa naik dan bisa turun, istilahnya seperti di ujung tanduk. Maka dengan menjaganya melalui membaca Al-Qur'an, Insyaallah iman akan senantiasa terjaga. Tentunya sangat pas bila diterapkan di bulan Ramadan. Bulan diturunkanya Al-Qur'an.  sebagai petunjuk hidup.Semoga Allah selalu meneguhkan hati kita,Aamiin."


Dawuh guru berikutnya adalah  "Dan jangan pernah berhenti untuk belajar" ini juga sangat membekas di hati saya. Implementasinya saya terapkan sekarang ini, dengan selalu belajar termasuk mengikuti event menulis. Seseorang yang menulis tidak akan pernah berhenti untuk belajar dan selalu mengasah kepekaan di sekitar kita.  Kiranya ini juga sangat pas dengan momen Ramadan dimana kita diasah untuk selalu peka dengan keadaan sekitar bahkan ikut merasakan penderitaan orang lain.


Dawuh guru yang lain yang membekas di hati saya adalah guru SD saya yaitu Bu Sutami dan Bu Lilik. Bu Sutami berpesan bila pergi kemana pun harus pamit dengan bapak atau ibu. Sedang Bu Lilik berpesan untuk selalu menabung. Menabung tidak hanya berupa uang tetapi juga kebutuhan kita sehari -hari.seperti gula ,kopi, beras dengan istilah namanya jimpitan. Jadi setiap hari saat kita memakainya diambilah sedikit untuk dikumpulkan dalam satu wadah. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Menabung kebutuhan dengan istilah jimpitan ini sangat bermanfaat. Manfaatnya jika kita kehabisan bahan tersebut di malam hari dan tiba tiba ada tamu dan kita mau memberikan minuman kopi,  kita tidak panik.Sebab masih punya tabungan gula ,kopi. Demikianlah nasehat guru yang kuingat dan saya masih menerapkannya.Semoga beliau selalu mendapat perlindungan dari Allah dan di mudahkan semua urusannya. Aamiin



Gresik,15 April 2023

#NBO2315

#RWCODOP2323

#OneDayOnePost

#DawuhGuru


Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte