Merubah Diri

Merubah Diri

Ada sebuah nasehat"Bila engkau ingin mengubah dunia,mulailah dari dirimu".
Kalau dirimu sudah berubah yang lain akan menyesuaikan atau mungkin akan mengikuti. Kenapa begitu? Karena sesungguhnya apa yang  ada disekitarmu itu mengikuti dirimu.misal hatimu dalam kondisi gembira,pastilah orang disekitarmu juga  akan menyambutmu dengan baik ,akan ada sapaan dan senyuman,Tapi kalu kondisi hatimu lagi murung ,diikuti raut wajah yang suram,pastilah orang disekitarmu akan menjauh.Karena itu kita harus senantiasa  dalam kondisi yang baik ,baik jasmani maupun rohani karena keduanya saling mempengaruhi.Apabila keadaan tidak sesuai dengan harapan yang kita angankan maka kita harus kembali pada diri sendiri, dan bertanya pada diri sendiri atau instropeksi untuk mengenal diri sendiri.

Setelah instropeksi diri,lihatlah lingkungan dimana kita tinggal,sambil mengamati apa yang bisa di kembangkan.,karena ada berbaga ragam lingkungan. Sebenarnya apa yang kita harapkan dari lingkungan dan apa yang bisa kita berikan kepada lingkungan.
Kalau kita mengharapkan lingkungan yang bersih, bisa kita mulai dari diri sendiri dengan membuang sampah ditempatnya,membersihkan rumah dan tindakan lain yang mengarah pada kebersihan lingkungan. Kalau ini istiqomah tanpa  dimintapun lingkungan akan bersih sendiri.

Kalau kita menghendaki lingkungan kita gemar membaca,ya kita mulai dari diri sendiri juga ,dengan kita banyak membaca dan berusaha mengenalkan ,mempromosikan manfaat membaca pada event event yang tepat.Dilakukan dengan sabar dan rutin ,karena merubah kebiasaan itu tidak mudah ,butuh kesabaran yang exstra tinggi.
untuk mewujudkannya.

Setelah instropeksi diri dan membaca lingkungan kemudian apa yang  sebenarnya menjadi tujuan,misal kita ingin membentuk  pribadi yang sukses dengan disiplin.berarti kita mulai tanamkan kebiasaan disiplin pada diri.Kalau kita seorang muslim pendisiplinan  bisa dimulai dari menyegerakan waktu salat atau dikerjakan tepat waktu.pembiasaan ini akan membawa pengaruh pada kegiatan lain sehingga bila dilakuakn berulang ulang tentu akan membawa dampak yang baik  pada diri dan lingkungan.

Tentunya setelah kita menetapkan tujuan ,kita akan mengerjakan apa yang akan menjadi tujuan tersebut. Dalam menjalani proses tujuan pasti ada kendala yang mengikutinya,Bagimana kita menyikapinya? Dibutuhkan kebesaran jiwa dan kesabaran untuk bisa sampai tujuan dan kesuksesan akan menghampiri  sendiri.
Jadi intinya  perubahan yang didinginkan itu dimulai dari diri  dulu


#ODOP7

Comments

  1. Harus fokus, satu titik, titik itu...*malah nyanyi 😀
    Betewe mba, masi ada beberapa typo tulisannya 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. He he he. nyanyi juga noleh buat refres , Makasih masukannya...nanti saya editnya lagi..😊

      Delete
    2. Eh typo lagi...noleh maksudku boleh..maaf

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte