Apa Yang Terjadi Selama Tidur?


Apa Yang Terjadi Selama Tidur?
Bagian  kedua




1.OTAK
Meski tampak pasif, tidak aktif dan aktivitas  menurun sekitar 40 persen ,tetapi otak tetap sangat aktif.

Tidur malam yang khas  terdiri  dari lima siklus yang berbeda, masing masing berlangsung sekitar 90 menit. Empat tahap pertama setiap siklus dianggap tidur tenang atau NON RAPID EYE MOVEMENT (NREM).  Tahap terakhir disebut dengan  gerakan mata cepat atau RAPID EYE MOVEMEN (REM).

Selama tahap pertama dari tidur ada gelombang  otak Undulation kecil . Selama! tahap kedua , gelombang ini diselingi  dengan sinyal listrik  yang disebuy SLEEP  SPINDLES yaitu  semburan kecil dari aktivitas yang berlangsung beberapa detik dan membuat keadaan tenang.

Tahap ketiga  terjadi gelombang lambat yang besar,semakin besar dan lambat gelombang otak ,maka  tidur akan  semakin mendalam. Pada tahap ke empat lima puluh persen  gelombang otak melambat. Pada titik ini , empat puluh persen aliran darah normal di otak di alihkan ke otot  untuk mengembalikan energi.

Tidur REM adalah aktivitas tertinggi otak. Tahap ini biasanya berhubungan dengan mimpi  yang dipicu oleh pons yaitu  bagian  dari batang otak yang mengirimkan implus saraf antara sumsum tulang belakang dan otak.

2.MATA

Miskipun tertutup ,pada saat tidur mata bisa bergerak .Gerakan mata tersebut menunjukakan perbedaan pada tahapan tidur , gerakan paling cepat terjadi pada saat tidur REM (RAPID EYE MOVEMENT).


Besambung
#One day one post
#ODOP7
#Pekan 7
Sumber:detik health,(by; googel)


Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte