Apa Yang Terjadi Selama Tidur?

Apa Yang Terjadi Selama Tidur?
Bagian ke 3





3.HORMON
Selama terjaga tubuh membakar oksigen dan makanan untuk menyediakan energi. kondisi ini disebut dengan tingkat katabolik yang didominasi dengan rangsangan hormon adrenalin dan kortisteroid.

Tapi saat tidur,sistem hormon akan berpindah pada tahap  anabolik ,yaitu konversi energi untuk perbaikan  dan pertumbuhan . Pada tahap ini tingkat hormon adrenalin dan kortikosteroid turun dan tubuh mulai memproduksi hormon pertumbuhan  (Human Growth   Hormone atsu  HGH  ), melantonin ,juga hormon seks testoteron, hormon kesuburan  FSH (Follicle Stimuling Hormone) dan hormon LH (Lecteinizing hormone)

HGH mendorong  pertumbuhan ,pemeliharaan  dan perbaikan otot dan tulang  dengan memfasilitasi penggunaan asam amino. Sedangkan melantonin adalah hormon yang diproduksi untuk membantu manusia untuk tidur . Hormon ini di sekresikan  oleh kelenjar pineal jauh di dalam otak ,ini membantu tubuh mengontrol  irama dan siklus tidur --bangun.

4.SISTEM KEKEBALAN.
Terjadi peningkatan produksi  sistem kekebalan tubuh dan protein.tertentu selama tidur, sebagai agen tertentu yang memerangi  penyakit pembunuh kanker yang disebut TNF (Tumour Necrosis Factor) juga dipompa melalui pembuluh darah saat tidur. Inilah yang menyebabkan tidur yang cukup dapat membantu melawan infeksi.

5.Suhu Tubuh
Pada malam hari, suhu tubuh bersamaan  dengan adrenalin mulai turun . Berkeringat mungkin terjadi sebagai usaha tubuh untuk mencoba memerangi kehilangan panas.

6.Kulit

Selama tidur nyenyak ,tingkat metabolisme kulit dipercepat  dan banyak sel sel tubuh menunjukkan  peningkatan produksi dan mengurangi kerusakan protein. Inilah yang menyebabkan  tidur malam cukup dapat mempercantik kulit.

Bersambung
#one day one post
#Odop 7
#Pekan 7
Sumber:detik health(by,googel)




Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte