Bila Musim Hujan Datang


Bila Musim Hujan Datang

Musim hujan akan segera datang.Tentu senang bukan? Udara akan menjadi sejuk ,rerumputan, tumbuh tumbuhan ,pepohonan akan segera menghijau kembali. Aroma bau tanah yang tersiram air hujan yang pertama kali terjadi ,menjadi ciri khas yang tidak bisa digantikan.Aromanya sangat khas sekali ,ini yang membuat kangen  datangnya musim hujan.

Dan juga  ada laron  yang muncul dipagi dan kadang kadang di sore hari pada saat musim hujan. Kabut yang pekat,udara yang dingin ,dihiasi laron laron yang terbang adalah suasa khas musim hujan.

Apa yang harus dilakukan bila musim hujan tiba? .Bagi yang akan beraktivitas di  luar
pakaian anti air atau jas hujan ,payung, bisa di persiapakan. Kalau peribahasa bilang "Sedia payung sebelum hujan".

Dilingkungan tempat tinggal dapat dilakukan membersihkan saluran air, sungai kalu ada,memeriksa  genteng  atau atap yang bocor. Jadi pada saat  hujan turun,rumah sudah tidak bocor ,air diluar bisa mengalir dengan lancar,mengurangi genangan air, dan juga mencegah banjir.

Selain itu bisa juga menyediakan  obat obatan ringan ,seperti minyakm kayu putih ,atau  mungkin jenis lain  yang intinya untuk menghangatkan badan ,obat demam, obat diare ,obat flu.Bisa juga disediakan minuman  yang berfungsi untuk menghangatkan badan,seperti  jahe , bisa jahe instan atau jahe segar.

Hujan selalu membawa berkah dan kegembiraan .Keberkahannya bisa dilihat  hijaunya kembali tanah tanah yang gersang , Kegembiraan biasanya pada anak anakmyang suka main ditengah tengah  air hujan., Mereka berlarian menengadahkan muka kelangit  menangkap air hujan,  Meskipun mereka basah kuyup   tetapi terlihat raut muka yang berseri terbebas dari beban,Mereka seolah sepeti mandi di dishower terbesar.

Untuk Pedagang ,banyak yang memanfaatkan moment musim hujan dengan berjulan,keperluan saat hujan seperti pakain anti air atau jas hujan dan payung.
Tapi kenapa , di saat musim hujan datang , juga datang pula musim banjir,?
Bukan hujannya. yang keliru,hujan selalu membawa berkah!  Ulah dari manusianya sendiri yang  kurang memjaga keseimbangam alam.
 MARI Kita jaga lingkungan dengan membersihkan  lingkungan  sekitar
 dan menanamkan perilaku hidup yang seimbang.








Comments

  1. Kuncinya di manusianya ya kak. sesederhana buang sampah pada tempatnya😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia,.manusia adalah kunci utama
      Terima kasih ya kak

      Delete
  2. Hujan pun jadi berkah bagi yg bersyukur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal itu benar sekali ,makasih kak😄

      Delete
    2. Hal itu benar sekali, .......makasih kakak😄

      Delete
  3. Hujan itu berkah namun kadang menjadi musibah. Selalu bersyukur ditiap kondisi membuat kita bahagia.
    oh ya, fenomena penjual yang memanfaatkan musim hujan untuk berjualan kebutuhan kala hujan, itu sesuatu yang luar biasa dan penuh optimis dengan setiap kondisi.

    ReplyDelete
  4. Benar sekali, kalau hujan kadang manusia menggerutu, tapi kalau kemarau panjang manusia juga mengeluh.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte