JALAN AKAN TERBUKA

JALAN  AKAN TERBUKAv
Tantangan 7
Cerbung

Pukul 03.00 dini hari, udara sangat dingin, terasa menusuk sampai  ke tulang.  Dini hari adalah waktu yang nyeyak untuk tidur. Andaikan saja situasi mendukung Nizar pasti akan  menarik selimutnya kembali untuk menutupi tubuhnya agar terasa hangat guna melanjutkan mimpi mimpi malamnya. Dengan mata yang masih tertutup ,namun sudah terjaga , ia masih duduk diatas tempat tidur, rasa ngantuk  yang tersisa membuat ia enggan  untuk bangun.

Tapi ketika Ia teringat pesan Almarhum Ayahnya, Ia  ingin segera bangun . Pesan ayahnya semasih hidup," Jika sewaktu waktu ayah tidak ada, kamu sebagai anak sulung, maka bimbinglah adik adikmu agar menjadi orang yang berguna dan bermartabat ,lakukan bersama sama dengan ibumu. Pesan itu sangat melekat pada dirinya.membuat ia bergegas bangun  dan mengambil air wudu .

Sementara sang ibu sudah berada di dapur guna menyiapkan sarapan pagi sekaligus  bekal untuk anak anak ke sekolah. Ibunya selalu membawakan bekal ke sekolah setiap hari,disamping makanannya sehat, juga bisa berhemat..

Ibu Nizar bernama Suprapti, Ia seorang ibu yang lembut , mempunyai jiwa kasih yang tinggi terhadap anak anaknya dan mempunyai kepribadian yang bagus. Sepeninggal suaminya  Ia berusaha mencukupi kebutuhan sehari hari dengan membuka usaha laundry atau jasa cuci. Sebenarnya masih ada uang pensiun yang diterima setiap bulannya namun karena harus menanggung tiga anak yang masih usia sekolah dan memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Karena itu ibunya mencari jalan keluar dengan membuka laundry agar kebutuhannya bisa terpenuhi.  Beberapakali Nizar  mengutarakan maksudnya yaitu ingin membantunya dengan bekerja, namun ibunya belum mengizinkan . Sebagai seorang ibu tentu  tidak menginginkan anaknya menanggung beban yang belum waktunya. Sekuat tenaga ia berusaha agar bisa memenuhi kebutuhan keluarganya.

Ayah Nizar meninggal setahun yang lalu karena sakit ,  Keluarga Nizar cukup harmonis . Ketika ayahnya sakit,seluruh keluarga merawatnya dengam penuh perhatian dan saling bahu membahu untuk menyelesaikan pekerjaan di rumah. Nizar sering menemani ayahnya dan selalu bertukar pikiran  dengan ayahnya, sehingga nilai nilai kehidupan yang ditanamkan ayahnya sangat melekat pada dirinya.

Nizar ingin mendapatkan penghasilan tanpan menggangu jam belajar disekolah.
Adiknya masih kecil kecil dan tidak memungkinkan untuk menerima tanggung jawab, adiknya hanya diberi tugas untuk membantu saja dan dengan pelan pelan  diajari  untuk bertanggung jawab.

Nizar ingin mengambil pekerjaan yang ditawarkan temannya untuk mengantarkan koran pagi , karena temannya sudah kuwalahan sehingga  membutuhkan tenaga baru agar semua  pelanggang bisa menerima berita pagi dengan tepat waktu, dan juga mengantar kue kue di toko toko.  Itu dikerjakan pada pagi hari sebelum jam 06.00 pagi harus sudah selesai. Sorenya sepulang sekolah ia ingin memberi les privat pada adik kelas dan juga tetangga yang membutuhkan.  Namun Nizar belum mendapatkan izin dari ibunya. Baginya izin dari Ibunya sangat penting.

Sebagai anak sulung Ia tidak menginginkam ibunya berjuang sendirian, ia ingin  membantunya meringankan beban yang dipikul ibunya. Nizar menyadari semakin hari kebutuhan yang dikeluarkan ibunya terus bertambah seiring dengan bertambahnya pula kebutuhan untuk dirinya dan adik adiknya.

Ia ingin adik adiknya tetap bersekolah .demikian juga dengan dirinya.Keinginan almarhum ayahnya ,ingin Ia wujudkan. Sejauh ini seluruh aktivitasnya tidak pernah lepas dari harapan orang tuanya, Nizar memamg anak yang baik dan bertanggung jawab .Ia ingin segera membantu ibunya ,tanpa menyakiti hati  atau menyinggung perasaan ibunya.  Karena itu Nizar masih terus memikirkan bagaimana  caranya agar ibunya memberi izin kepadanya. Nizar yakin ibunya akan mengizinkan hanya saja menunggu waktu yang tepat

Bersambung

#Tantangan pekan 7
#Cerpen
#one day one post
#OTE

!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte