TELAGA SARANGAN


TELAGA SARANGAN

Tantangan pekan 6



Telaga Sarangan adalah telaga alam yang berlokasi diperbatasan Jawa Timur 
danJawa Tengah , tepatnya di Lereng Gunung Lawu, Ds,Saranngan, Kec.Plaosan,Kab.Magetan , dengan jarak sekitar 16 kilometer dari Kota Magetan.
Untuk sampai kelokasi bisa di jangkau dengan transpotasi  umum.

Jika mengawali perjalanan dari Kota Surabaya, naiklah bis menuju Madiun,turun di terminal Madiun, kemudian dilanjut ke Magetan. Sampai  diterminal Magetan ,berpindah transpotasi menuju Telaga sarangan. Bila dari Jakarta,Semarang atau  Jogyakarta menggunakan  transportasi umum bisa pakai bis atau kereta api. Bila naik bis  carilah bis Jurusan Solo turun diterminal Tirtonadi Solo. Kemudian menuju Tawang mangu ,dari Tawangmangu naiklah  transpotasi umum menuju Sarangan. Kalau menggunakan kereta api , turun di Stasiun Balapan Solo,   dengan transpotasi taksi menuju, ke terminal Solo,  selanjutnya sama seperti jalur melalui  bis.

Telaga Sarangan terletak di ketinggian 1200m di atas permukaan laut,dengan luas 30 hektar dengan kedalaman 28 m. Suhunya mencapai 20 °-----15°C. Sebagai telaga yang berlokasi  di  pegunungan tentu kita  akan menyaksikan rimbunya pepohonan,udara yang sejuk dan jernihnya air telaga yang memantulkan bayang  bayang pegunungan akan membuat siapa saja  akan merasa takjub.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan disana,mengelilingi telaga dengan berjalan kaki sambil menikmati asrinya pemandangan dan menghirup sejuknya udara pegunungan akan memulihkan rasa  lelah yang ada.  Bila enggan untuk berjalan kaki masih bisa mengelilingi telaga  yaitu  dengan naik kuda  dengan biaya sewa kurang lebih Rp50.000



Bila ingin menjelajahi  air telaga  bisa menyewa becak air atau speed boat dengan tarif Rp50000,  bisa mengelilingi telaga dengan menikmati sensasi air yang jernih dan bisa menyaksikan dari dekat pulau yang  ada ditengah telaga.



Bagi pecinta kuliner bisa menikmati  sate kelinci yang lezat .bila tidak menyukai bisa menyantab hidangan lain berupa pecel khas sarangan.  Untuk souvenir tersedia  aneka kerajinan seperti anyaman bambu,kerajinan kulit,kerajinan sepatu yang tidak ditemukan di tempat lain,  karena merupakan produk lokal .Yang menyukai sayuran segar dan sehat bisa  juga membeli  dengan harga yang cukup terjangkau karena hasil dari pertaniaan setempat.

Selain Telaga Sarangan bila wisatawan mau bisa menikmati air terjun Sarangan yang oleh penduduk setempat menyebutnya dengan Air Terjun Tirtosari. Bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau naik ojek/sepeda motor. Perjalanan menuju Air Terjun sangat indah,jalan setapak yang dibatasi oleh tebi serta melawati lahan pertanian dan sepanjang perjalanan akan  melihat hijaunya pegunungan dan sejuknya udara.
Pemandangan yang tersaji  disekitarr air terjun tak kalah eksotis dibandingkan dengan Telaga Sarangan. Gemuruh suara air yang menghantam dasar tanah disertai  lengkungan pelangi hasil pembiasan dengan cahaya matahari benar benar sulit dillupakan. Itulah indahnya Air Terjun Tirtosari


 Di Telaga Sarangan juga tersedia fasilitas,seperti area parkir,mushola,rumah makan ,penginapan ,taman bermain ,pasar wisata dan masih banyak lagi
Ayok. kita berkunjung ke Sarangan.


Gambarnya saya ambil dari googel,foto saya, foto lama jadi kalau difoto lagi hasilnya kurang bagus.

#Tantangan pekan 6
#0ne day one post
#ODOP7




Comments

  1. Replies
    1. Ayo kak ,kesana.. Kalau sama daerah asalku dekat ,asliku Madiun,,

      Delete
  2. Replies
    1. Bener kak ,wisata air, tapi masih bisa jalan jalan didarat ..😄

      Delete
  3. Aku padahal di jatim tapi belum pernah ke sana, hiks hiks

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Iya sangat indah ,ayo mengagumi ciotaan Allah

      Delete
    2. Iya sangat indah ,ayo mengagumi ciotaan Allah

      Delete
  5. Terima kasih teman teman sudah berkunjung ke blog saya

    ReplyDelete
  6. Bagusnya^^ Indonesia emang kaya y mbak

    ReplyDelete
  7. Cakep iniii maasyaAllah... Ingin kesana hiks

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte