Mendung di Langit Mojopahit

Mendung di langit Mojopahit

Sebuah cerpen yang merupakan tugas 2 leveel 4 di RCO dengan setting buku yang dibaca,buku yang saya baca merupakan novel sejarah tentang pemberontakan yang akan menumbangkan Raja Majapahit Sri Jayanegara
................

Rupanya srategi kelicikan Ra kutu telah berhasil mengulingkan Baginda Raja Sri Jayanegara keluar dari Mojopahit
 Rakutu mengantikannya.Angan angan Rutu setelah Sri jaynegara digulingkan akan sehera menjadi raja,tetapi anggapan tersebut jauh dari kenyataan. Karena rakyat tidak menghendakinya~dan pasukan  Bayangkara selalu membayanginya.

Hal tersebut justru membuat Rakutu semakin ingin menangkap Sri jayanegara, baik hidup maupun mati,karena sampai saat ini belum diketaui dimana persembunyian dari Baginda. Pasukan Bhayangkara melindungi Srijayanegara dengan kepandaain dan kesolitan anggotanya.

Paska pemerintahan runtuh, kondisi kota raja tidak menentu ,mencekam, seolah menjadi kota mati.Rakyat tidak berani keluar rumah,tidak berani bekerja karena takut akan terjadi  seuatu.Apalagi setelah pasukan Bhayangkara berhasil mengelabuhi tentara Rakutu yang mengejar Sri jayanegara yang ternyata pasukan Bhayangkara yang menyamar menjadi Sri jayanegara.Rakutu marah  sekali

Rakutu segera memerintahkan kepada prajurit untuk menggeledah rumah penduduk , Perintah tersebut telah disalah diartikan oleh prajurit.Mereka tidak hanya menggeledah tapi jugaa menjarah dan bertindak asusila kepada para wanita.


Keadaan tersebut membuat rakyat marah dan tidak bersimpati pada Rakutu .hingga puncak nya yang terjadi penjarahan di rumah Kayin. Istri dan adik perempuannya menjadi  korban aausila. Semula Kayin bisa menerima keadaannya, meskipun harus menanggung beban , beban penderitaan penderitaan yang berat.


Tapi kayin masih bisa bersabar karena masih ada ayahnya  yang sangat dihormati dan dimuliakan oleh kayin .Pagi itu bagaikan disambar petir disiang  hari Kayin
menangis tersedu sedu mendapati ayahnya telah meninnggal dunia karena tidak kuat menahan penderitaan dan  malu yang amat sangat  memilukan. Tetangga berdatangan mengingat kayin sangatlah baik.

Begitu ayahnya meninggal rasa marah Kayin tidak bisa dibendung lagi, Ia lari kedalam rumah dan mengambil senjata menuju  istana, untuk minta pertanggungjawaban  Rakutu


Maksud hati Kayin ingin  mencari keadilan tapi yang didapat justru kematian.mendengar kejadian itu adik dan istrinya kayun yang semula rukun menjadi berantakan.Adik dan istri kayin mengambil jalan pintas,bunuh diri.

Mendapati hal demikiaan tetangga kayin mutuskan untuk pepe*. di alun alun ,tuk meminta haknya.
Pepe* itu sudah adasejak zaman Raden wijaya,dan masih dihidupkan oleh Sri jayanegara.
 Demo itu tidak membuat Rakutu terpanggil justru semakin menjadi.
Diperintahkannya pada Rawedi unuk mengatasinya.

Hati rakyat sudah marah rupanya,ancamn yang diberikan tidak membuat takut, mereka tetap bertahan hingga akhirnya rakyat yang tidak bersenjata menjadi sasaran yang empuk bagi prajuritnya Rawedi.Banyak korban berjatuhan,bagi prajurid dari jalapati dan jalarananggana yang mulai tersadar bahwa mereka di pihak yang salah  segera bergabung dengan pasukan Bhayangkara.

Hal tersebut diketaui langsung oleh bekel gajahmada yang kebetulan ada di kotaraja untuk menyelidiki situasi di kota raja.

Hal tersebut juga menjadi pikiran Sri jajanegara yang bersembunyi di pesisir utara,membuat baginda mengalami penurunan kesehatan.

Sementara itu situasi di kotaraja sudah terbaca oleh pasukan Bayangkara dalam persiapan pembalasan .

Rakutu yang mulai terasa pemerintahannya   tidak menguat ke akar dia mengubah strategi, memanggil tumenggung  Adiawarta untuk mengadap.
Temenggung Adiwarta adalah pemimpin dari pasukan jalapati ynag sejak awal pro  Raja..

Ditawari jabatan yang menarik supaya setia menjaga keraton.
Adiwarta tidak menjawab .dalam.dirinya masih setia dengam Sri Jayanegaraa
.
Apel prajurit dialun alun pagi itu rupanya akan mebawa perubahan pada majapahit
Tidak diketaui dari mana datangnya  tiba pasukan.menyeraang kota raja hingga akhirnyan Rakutu bisa ditanggkap dan meninggal.

 Sementara iringan tandu yang membawa Sri Jayanegara sudah sampai pendopo tetapi karena sakit, Baginda raja tidak bisa jalan dan terpaksa ditandu.

DiRuang pribadi Srijaya negara berbaring dan badanya panas sekali, dipanggilnya Ra Tanca unutk mengobatinya namun karena jiwanya sdh lelah, dia meracik bahan yang salah sehingga Sang Raja Mangkat.
 Melihat situasi yang sepeeti ini ,bekel Gajahmada marah dan menlcabut kerisnya ditancapkan ke dada RanTanca .Ratanca yang sudah siap mati tidak mengadakan perlawanan.  Hingga akhirnya Ra Tanca tewas ,sebelum tewas disaat nafasnya masih tersenggal sengal dia berkata,Bagaskara manjer Kawuryaan



Gresik,1Januari2020

**/////********

#RCO6
#One day One Post
#tugas cerpen







Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte