Ulasan Cerpen Historical Fiction ,"Pohon Bertuah Di Pantai Drini

Judul Cerpen:,Pohon Bertuah di Pantai Drini
Karya:Riski Diannita
Diambil dari storial.co

Diulas oleh:Endang setyowati
Member dari ODOP 7
Kelas Fiksi







Sejarah selalu menarik untuk dipahami dan dipelajari dari generasi kegenerasi, tak akan lekang oleh waktu. Dengan belajar  sejarah kejadian dimasa lampau bisa diketaui  sehingga kita bisa mengambil pelajaran yang berharga dan bisa dipakai di masa kini.


Sekarang ini di dunia kepenulisan banyak berkembang cerpen bergenre historical fiction .Saya yang bergabung di kellas fiksi ODOP 7 juga diberi tugas untuk mengulas sebuah cerpen bergenre historical fiction dan cerpen Pohon Bertuah di Pantai Drini  menjadi pilihan saya untuk diulas.

Cerpen ini mengisahkan asal mula nama Pantai Drini yang terletak di desa Banjarrejo, Kab Gunung Kidul ,Prov.Yogjakarta. Setting cerita diambil dari seorang Raja danRatu dari Kerajaan Majapahit yang menyelamatkan diri dari kejaran  pemberontak  yang mana para petinggi kerajaan sudah ditaklukkan lebih dulu.

 Latar cerita diambil dari perjalanan Raja dan Ratu Majapahit menyelamatkan diri denga menaiki kuda putih  pada saat itu Ratu sedang hamil tua, melewati Gunung Merapi, hingga terbentuklah nama nama tempat, yaitu Makam Cilik dimana putra sang Ratu di makamkan,,(,putranya meninggal saat dilahirkan), betapa pilunya hati Ratu menerima kenyataan ini, desa Padangan,o sampai nama Pantai Drini.

Disini juga dikisahkan Raja dan Ratu dengan segala kebesaran tahta  dan busana harus dilepaskan berganti pakaian rakyat jelata, kenyataan ini membutuhkan kebesaran jiwa dan  kebesaran jiwa itu tersirat dalam diri Raja dan Ratu.

Alur cerita penulis mengambil cerita dimasa lalu dengan mengantikan tokoh dimasa sekarang yang  mempunyai perjalanan hidup sama ,hingga tokoh masa sekarang mengalami perjalanan supranatural menembus batas ruang dan waktu , dengan jenis alur cerita maju ,mundur ,maju.

Ada 4 tokoh sentral dan lainya pelengkap.
Tokoh sentral terbagi dua , 2 tokoh dimasa sekarang yaitu
Natta, seorang suami yang sangat menyayangi istrinya dan selalu siap membantu meringankan beban yang dialami oleh istrinya.
Rani:seorang. istri yang sangat bersedih atas kepergian putrinya yang masih berumur lima bulan dalam kandungan.

2 tokoh dimasa lalu yaitu Raja dan Ratu yang mempunyai persamaan sifat Natta dan Rani. hingga Natta dan Rani dikatakan utitisan dari Raja dan Ratu.

Mbah Mandung sebagai tokoh pelengkap tapi mempunyai karakter yang kuat.
Bapak kepala desa dam tim penyelamat juga sebagai toko pelengkap.

Untuk Ejaannya dan tata cara penulisan menurut saya sudah bagus,hanya ada sedikit kesalahan  waktu ketik dan ini sangat wajar.

Secara umum historicsl fiction ini. Sangat bagus dan menyentuh perasaan.
Nilai pesan moral yang disampaikan  kuat sekali  yaitu menyelamatkan lingkungan da
lam hal ini adalah tanaman pohon Drini yang langka.
Jiwa kasatria yang di contohkan oleh Raja  dan Ratu terpatri sangat kuat, nilai kesetiaan dan kejujuran.
Namun ada  sedikit kekurangannya , yaitu tidak disebutkan ,nama Sang Raja  dan Ratu   Majapahit   sehingga tidak diketaui pula Raja Majapahit yang keberapa.
Setelah ditinggalkan Raja ,  tidak pula diketaui Majapahit bisa direbut kembali apa tidak.
Namun diakhir cerita Natta fan Rani dianugerahi bayi laki laki, mereka berbahagia

Demikianlah ulasan ini saya buat untuk melengkapi tugas  dikelas fiksi ODOP.
Saya mohon maaf kalau ulasan saya jauh dari sempurna karena keterbatasan pengetauan yang saya miliki.
 Salam kenal untuk Bu Riski Diannita


Gresik ,11Desember 2019
#One day one post
#,kelas Fiksi
#Ulasan,hisfic





Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte