Reveiw buku Tenggelamnya Kapal Van Der wijck


Review bukuTenggelamnya Kapal Van Der wijck
Karya HAMKA

Tenggelamnya kapal Van Der wijck merupakan karya sastra  berbentuk Roman yang ditulis sebelum masa kemerdekaan.
Disusun pada tahun 1938 oleh HAMKA dan dimuat berturut  turut  dalam majalah  "Pedoman  Masyarakat" yang dipimpin oleh beliau sendiri.

Setelah itu diterbitkan  menjadi buku oleh saudara Syarkawi(cetakan kedua)  dan terjual habis.  Maka  dengan persetujuan  Saudara Syarkawi yang telah mencetak buku dua kali ,cetakan  buku ini dan seterusnya diurus oleh Balai Pustaka sebagai perbendaharaan tanah air yang senantiasa bekerja keras memajukan perpustakaan  dan kesusasteraan tanah air (pendahuluan cetakan ke  -4)

Dengan persetujuan Balai Pustaka sendiri
sebagai penerbitnya yang lama maka mulai  cetakan ke -8 dan seterusnya  buku ini diterbitkan oleh Penerbit Nusantara suatu penerbit Swasta (pendahuluan cetakan ke -8).

Yang  saya Reveiw  ini merupakan cetakan  yang ke -16  PT. Bulan Bintang Jakarta, 1984
Buku ini terdiri dari 28 daftar  isi.
Tokoh utama adalah Zainudin ,Hayati dan Aziz.
Tokoh yang lain adalah Katijah dan Muluk.
Katijah merupqkan sahabat Hayati dan Muluk Sahabat  Zainudin

Latar cerita ada di beberapa tempat, di Mangkasar, Minangkabau, Padang Panjang, Jakarta dan Surabaya.

Ayah Zainuddin  dari tanah minang dan ibunya berdarah Mangkasar.  Sejak kecil ibunya telah wafat dan tak lama kemudian  ayahnya, jadilah ia anak yatim piatu dan pengasuhannya diserahkan pada mak Base (wasiat dari. Almarhum ayah Zainudin)

Kisah ini diawali  ketika Zainuddin  meninggalkan kota Mengkasar menuju negeri Minangkabau  sebagai menjalankan amanah  dari almarhum kedua orangtua nya untuk  mencari negeri nenek moyangnya.  Zainudin sangat  gembira  setelah tiba di tanah Minang.Namun harapan tidak sesuai dengan kenyataan karena  Zainudin dianggap sebagai anak pisang.  Zainudin merasa sedih  dan hidupnya berubah setelah berkenalan dengan Hayati si kembang dusun Batipuh.
Perjalanan  kisah cintanya diwarnai dengan keunikan yang sangat  mengharukan  karena harus berhadapan dengan adat  , adat Minangkabau . Akankah cinta Zainudin kepada Hayati bisa sampai ke pernikahan, ataukah kandas di tengah jalan. Ikutilah kisah cinta yang syarat dengan makna di buku Roman Tenggelamnya  kapal Van Der wijck.

 Reveiw  ini saya tulis sebagai tugas dalam tantangan 2 RCO 7

Gresik 13 Februari  2020

#tugas 2 RCO 7
#one day one post




Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte