10 Teladan Agung dari Sitti Fatimah Azzahra r. a

Sosok Teladan Agung  sitti Fatimah  Azzahra r. a


Sitti Fatimah Azzahra  r. a adalah Putri  bungsu Nabi Besar Muhammad SAW dengan lbunda Sitti Khadijah  R, A. 
Sitti Fatimah  Azzahra  adalah satu satunya penerus keluarga  Nabi Besar MuhammadSAW.

Sitti Fatimah  Azzahra  r. a merupakan penerus keturunan keluarga Nabi Besar Muhammad  SAW. Beliau menikah dengan Iman Ali Bin Abi Tholib.

Berkat bimbingan sempurna dari ayah dan bundanya akhirnya berkembang menjadi
seorang guru  dan pendidik.dan seorang wanita yang cakap.  Beliau merupakan contoh  tertinggi baik dalam hal ketekunan beribadah,  kezuhudan, keluhuran perilaku  maupun dalam hal keserasian hidupnya dalam berumah tangga.Juga merupakan tauladan tertinggi dalam hal kesetiaanya pada Allah Azza wa Jalla dan  Rasulnya. Beliau menjadi seorang muslimah sejati. 
Keteladanannya bisa ditunjukkan  dengan beberapa riwayat dibawah ini
*1*Kezuhudan dan Ketekunannya Beribadah

Hidup  zuhud dan tekun beribadah  sudah menjadi sifat khas  dan menonjol  para anggoya Ahlul Bait.  Dan bagi mereka merupakan tingkat tertinggi kebahagian  dan hubungan sejernih jernihnya dengan Allah s.w.t.Mengabdi dan berbakti pada Allah  merupakan tujuan hidup yang utama.Beliau juga mengenal dengan  baik bagaimana seharusnya menghadapi  kehidupan duniawi.

*2*Berbicara Benar.    
Banyak riwayat yang menunjukan     bahwa Sitti  Fatimah r. a tidak pernah berbicara  tentang hal hal yang tidak benar. 
Sitti Fatimah  r. a teguh menjaga diri dari tiap  perbuatan  tercela. Dan juga  selalu menjaga baik baik amanat Rasul Allah s.a.w
Kesimpulan sifat sifat mulia Sitti Fatimah  diperkuat oleh suatu riwayat yang dikemukakan oleh'Amr bin Dinar yang mengatakan ,bahwa Sitti Aisyah pernah berkata:"Selain Rosul  Allah aku tidak pernah menjumpai orang yang tidak pernah berdusta  sama sekali  kecuali Fatimah".

*3*Tahan Hidup Menderita*
Dalam menghadapi kesulitan hidup Sitti Fatimah mempunyai sikap mental setangguh yang dimiliki ayahandanya 
Sikap   yang dicontohkan , Ayahnya  menceritakan  pengalamannya sewaktu masih tinggal di Makkah. "Sesungguhnya Allah 'Azza wa Jalla pernah menawarkan emas  kepadaku lewat orang orang terkemuka di Mekkah. Akan tetapi ketika itu aku berdoa :Ya Allah  ,jadikanlah aku sehari lapar dan sehari kenyang. Di saat  lapar aku khusuk'berdoa  ke hadirat--Mu. Sedangkan di saat kenyang  kupanjatkan puji syukur kepada -Mu. 

*4*Tidak Pernah Putus Bersyukur *
Boleh dikatakan  bahwa Sitti Fatimah   telah mencapai suatu tingkat keimanan yang tinggi. Ini  terungkap dalam praktek  kehidupan sehari hari apapun yang dialaminya  tetap bersyukur pada Allah.Ayahandanya  mengajarkan:Jika Allah  mencintai  seseorang  hamba, Dia mengujinya.Apabila hamba itu sabar ,ia akan diangkat, dipilih  dan jika ia bersyukur  akan disucikan "

*5*Dermawan*

Dari segi kemurahan hati  dan kedermawaannya ,Sitti Fatimah  mengikuti sepenuhnya bimbingan  dan tauladan dari ayahnya.Nasehatnya:"Kedermawanan  itu ibarat sebatang pohon  di dalam surga yang dahan dahanya bergelantungan ke bumi. Barang siapa berpegang  pada salah satu dahannya, ia akan dituntun dahan itu masuk ke dalam surga. 

*6*Kekayaan Haditsnya*
Sitti  Fatimah r. a cukup terkenal pengetauannya tentamg hadits
haditsnya,Semua itu diterima langsung dari ayahandanya. 

*7*Keluhuran Akhlaknya *
Beliau mendapat  sebutan" wanita utama" Sebab Sitti Fatimah   r. a  sangat terlenal dengan wanita berbudi luhur.  Berakhlak  mulia dan berperasaan lembut. Selain itu ja dikenal sebagai  wanita yang  cerdas  pikirannya, berpandang an jauh  dan berfirasat tajam. 

*8*Seorang Orator Ulung*

Di satu sisi beliau  dikenal sebagai seorang  wanita yang lemah lembut dan ramah tamah. Tetapi kalau sudah sampai pada suatu prinsip, terutama menyangkut kebenaran, tidak segan segan  beliau akan 
muncul sebagai pembicara yang lancar. 

*9*Keserasian dalam Kesederhanaan 

Dalam menjalani kehidupan berumah tangga  Sitti Fatimah  r. a sangat sederhana. Bahkan sedemikian.sederhana,sehingga  dapat dikatakan dalam keadaan serba kekurangan. semua pekerjaan rumah ditangani sendiri sampai telapak tangannya menebal. Malam hari tidur di atas  kasur yang terbuat dari jerami  yang dibungkus kain kasar.Untuk mendapatkan  segenggam  kurma guna mengisi perut harus bekerja keras membanting tulang. 
Ini semua memberikan pelajaran  kepada umatnya tentang bagaimana seorang muslim harus berani terjun dalam kehidupan  yang  keras, dengan jalan  bekerja sambil berjuang  memenangkan kebenaran dan keadilan .
Beliau dengan rela dan ikhlas menjalaninya

*10*Seorang Ibu Yang Tangguh

Perrjuangan Sitti Fatimah  Azzahra  dalam menjalani hidup tidak diragukan lagi. 
Kesanggupan nya mendampingi perjuangan berat suaminya
dalam menegakkan Agama Allah. Ketabahan menghayati penghidupan yang serba berat  dan penuh derita. Kasih sayang  beliau  kepada anak dengan menekankan kepada kepentingan pendidikan akhlak.Sehingga menjadikan anak anak  mempunyai
Jiwa yang besar dan berani untuk  menegakkan Agama Allah

Itulah kiranya Teladan Agung dari Sitti Fatimah  Azzahra  r. a  smoga sedikit  uraian ini bermanfaat  apabila ada kesalahan dalam menyampaikan tulisan ini, kesalahan itu datangnya dari saya karena keterbatasan saya . Smoga Allah Mengampuninya,  dan sesungguhnya kebenaran hanya milik Allah Azza wa Jalla 




Tugas 2 RCO7
#one day one post




Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte