Jelajah Ujung Barat Indonesia

 Jelajah Ujung Barat Indonesia

Banda Aceh--Sabang

Banda Aceh yang terletak di Ujung Barat Indonesia  menyimpan banyak destinasi wisata yang sangat mengagumkan. Kota yang pernah di porak porandakan oleh gelombang Tsunami pada tahun 2004 kini sudah mulai bangkit lagi. Nangroe Aceh Darussalam yang merupakan kota Islam Tertua di Asia Tenggara. Ada yang menamakan  juga kota Serambi Mekkah. 

Transportasi  apa yang bisa membawa sampai ke Aceh?  Transportasi  darat laut dan udara bisa di pakai. Namun, sangat tidak disarankan untuk menggunakan jalan laut dan darat apabila berangkat dari Jawa maupun pulau lainnya selain Sumatra karena akan memakan waktu yang lama. 

Bila dari Jakarta bisa melalui Tanjung Priok dengan tujuan Medan. Kemudian di lanjut dengan transpotaspi darat memakai Bus ke Aceh kurang lebih memakan waktu 11 jam. Bila melalui udara perjalanannya bisa lebih singkat, dari Jjakarta kurang lebih butuh waktu 3 jam, sedangkan bila dari Medan butuh waktu  50 menit.Info melalui udara bisa meng update informasi dari maskapai penerbangan. 

Beragam  destinasi wisata bisa dinikmati di Aceh mulai dari

Wisata Sejarah

Wisata Tsunami

Wisata Alam

wisata Kuliner 

Wisata Belanja. 

Di sana menelusuri dan mengenang  sisa -sisa kerajaan  Aceh yang kesohor dengan bonus alam yang indah dan menawan. Bagi pecinta kopi,  disinilah tempatnya, karen kopi minuman yang sangat digsmari di aceh

Wisata Sejarah

1.Masjid Raya Baiturrohman Aceh


   





Sumber gambar:simas.kemenag.co.id

Masjid ini terletak di jalan raya Baiturrohman. Dibangun pada masa pemerintahan  Sultan Iskandar Muda (1022H/1612M).Luas bangunan terletak diatas tanah seluas 4760 meter persegi. Sempat mengalami kebakaran hebat tahun 1873. Bangunannya menganut gaya eklektik atau merupakan unsur terbaik  dari berbagai Negara Eropa  dan India.

Karena keindahan yang mengagumkan media online Huftingson post memasukan dalam kategori 100 masjid terindah di dunia. Sedangkan Yahoo memasukkan dalam 10 masjid yang paling menakjubkan.

Karena penerapan syariat Islam  di Aceh membuat keberadaan masjid itu semakin penting dalam kehidupan masyarakat Aceh.  Para wisatawan boleh mengunjungi masjid namun, sebagaimana semua tempat ibadah ada peraturan yang mesti ditaati oleh pengunjungnya. Kusus pengunjung wanita tidak diperkenankan memakai Celana( harus memakai rok dan penutup kepala) 

2.Gunongan






Sumbet gambar:tripadvisor.co.id dan foto wisatawan dikirim oleh  Thomas B(Feb 2020)

Kalu di India ada Taj Mahal maka di Indonesia adaTaman Sari Gunongan .

Taman sari Gunongan atau "Taman Putroe Phang" adalah taman Kerajaan Aceh Darussalam yang didirikan oleh Sultan Iskandar Muda untuk permaisurinya Putroe Phang yang berasal dari Kerajaan Pahang. Nama asli taman ini adalah Taman Ghairah sebagaimana disebutkan di dalam kitab Bustanus Salatin. (Wikipedia)

Ketertarikan saya pada Destinasi wisata di Aceh disamping  menakjubkan pesona alamnya juga karena Aceh merupakan kota Islam tertua di Asia Tenggara .Karena itu saya sangat tertarik untuk mengulasnya agar semakin di kenal oleh para wisatawan . Ingin sekali saya berkunjung  ke Aceh maka bila ada kesempatan untuk mengunjunginya dan hanya boleh mengajak satu orang,saya akan mengajak pasangan hidup saya. Sebenarnya saya ingin mengajak ibu saya, tapi Ibu saya sudah dipanggil oleh Allah.

Semoga saya bisa sampai sana

Tunggu saya ya.. 



Sumber:buku Jelajah Ujung Barat Indonesia Banda Aceh- Sabang

Penulis:Muna Sungkar

#RCO9

#OneDayOnePost

#ReadingChallengeODOP9 


Comments

  1. aku pengennya kopi gayo kalau ke aceh 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak ,Aceh juga terkenal citaa rasa kopinya, sampai jadi ikon kota Aceh, dapat juga sebutan kota 1001 kedai kopi ,karena banyak kedai kopinya, smkha bjsa kesana

      Delete
  2. Kalau aceh ini impian istri saya banget, katanya ingin mengunjungi saudara-saudara muslim yang daerahnya di sebut serambi mekah itu. Terima kasih informasinya mbak tentang Indonesia bagian barat yang indah nian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama -sama, terima kasih kembali sudah berkunjung, smoga impiannya bisa tercapai

      Delete
  3. Aku baru denger cerita siswa yang jalan2 ke Aceh. Pingin ke sana juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru tahu Aceh dari bukunya Mbak Muna, smoga bisa ke sana,makasih mbak sudah mampir

      Delete
  4. Salah satu daerah ujung barat yang ingin kukunjungi itu kakak 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin smoga terwujud, makasih sdh berkunjung

      Delete
  5. Seru ya, dengan begini kita bisa trevelling dulu lewat buku. 🤩

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte