Ulasan Tentang Psycophat


 Tugas ke-4 RCO9 membaca buku tentang Psycology atau Kesehatan mental boleh fiksi ataupun non fiksi. Saya memilih membaca buku fiksi yakni sebuah novel dengan judul King of Psycopath karya Puspita Ratnawati. Tokoh utama dalam novel ini adalah Adexe Leopold seorang Billonaire dan Violinist yang memderita psikopat serta Allcia Mackenzie seorang modelling dari keluarga Mackenzie yang sangat harmonis. 

Tugas kali ini tidak mereview bukunya namun, menbuat ulasan tentang psikologi yang dibaca, bagaimana si tokoh menghadapi sakitnya, dan menjelaskan pentingnya menghadapi mental tersebut. Jadi ulasan yang akan saya tulis mengenai psikopat sesuai dengan yang saya baca. 

Pengertian  Psycopath 

Psikopat bila diartikan adalah seseorang yang mengalami ganguan kepribadian yang ditunjukkan dengan perilaku kasar, kurang sensitif, manilulatif dan anti sosial.  Sedangkan nama ganguannya itu adalah psikopati. Bisa berada dalam lingkungan hidup masyarakat tanpa disadari oleh masyarakat sekitarnya. Dalam banyak kasus biasanya diderita oleh laki laki daripada wanita 

Psikopat bisa dialami oleh semua lapisan masyarakat dengan berbagai profesi.  Mereka hidup seperti manusia normal, berpendidikan, mempunyai pekerjaan tetap, bahkan dengan tingkat sosial ekonomi yang bagus. Meraka juga bisa bersikap ramah, sopan dan santun namun dibalik semua itu  Ia mempunyai sifat yang kejam, bahkan diluar batas nalar perikemanusiaan. 

Dia bisa menghilangkan nyawa seseorang secara keji tanpa rasa bersalah. Seperti manusia yang bermuka dua atau bisa digambarkan mempunyai perubahan emosi yang  drastis.Ia bisa sangat bergembira  dan juga sangat terpuruk dalam waktu yang relatif singkat. 

Penyebab psikopat belum diketahui dengan pasti tetapi, faktor genetik, budaya dan lingkungan bisa berperan dalam membentuk seseorang menjadi psikopat. Selain itu trauma masa kecil ,pelecehan, lingkungan yang kurang tepat, keluarga yang tidak harmonis bisa juga menjadi pemicunya. 

Seperti yang dialami Adexe dalam novel King Ot Psycopath, Karena perselingkuhan ibunya membuat kedua orang tuanya bercerai. Akibat dari perceraian itu kondisi ayahnya labil, karena Ayahnya masih mencintai Ibunya. Adexe kecil di buang di pinggir jalan oleh Ayahnya. Kemudian di temukan dan dirawat oleh keluarga San dan Ananta Leopold. Keluarga yang harmonis beliau seorang biolis dan pengusaha yang sukses.  Namun hidupnya berakhir tragis karena di bantai oleh Sandero Loretto karena iri atas pencapain yang diperoleh San.Peristiwa itu terjadi di depan Adexe yang berusia remaja. Adexe saru -satunya yang bisa luput dari pembantain itu. Hatinya sangat hancur melihat orang tuanya di bantai. Kehancuran hatinya bertambah setelah mengetaui bahwa San dan Ananta Leopold bukan  arang tua kandungnya. Hai itu diketaui secara tidak sengaja bertemu dengan orang tua kandungnya. Hatinya sangat hancur mendengar pengakuan orang tuanya,  bahwa Ia dulu dibuang di pinggir jalan. Adexe tidak bisa menerima kenyataan pahit itu sehingga dalam hatinya ada dendam yang membara dan sejak saat itu dendam menjadi tujuaanya. Rangkaian peristiwa-peristiwa itu buruk itu sangat mempengaruhi jiwanya. Walaupun sebetulnya Ia mempunyai jiwa yang lembut. 

Ada yang bilang psikopat tidak bisa disembuhkan namun, ada berbagai metode yang bisa diterapkan untuk mengurangi  atau menekan gejala yang muncul yaitu perawatan obat, psikoterapi, terapi perilaku kognitif dan terapi electroconvulsif. Kehadiran seorang yang religius dan psikiater bisa juga membantu merubah pribadi psikopat kearah yang lebih baik. 

Kerjasama yang mendukung antara orang orang terdekat,keluarga dan orang terkasih sangat diperlukan untuk membawa kearah yang lebih baik pada penderita. Masyarakat dan lingkungannya yang mendukung juga memberikan nilai yang baik. 

Sikap Si tokoh Dalam Menghadapi Sakitnya

Dalam novel ini Adexe sangat menderita mengalami ganguan mentalnya. Ia sangat menyesal setelah melakukaan aksinya sebagai psikopat namun, Ia tidak sanggup mengendalikan dirinya. Karena itu Dia sangat tersiksa. Ia berupaya untuk menyembuhkan dirinya setelah bertemu dengan orang yang dicintainya yaitu Allcia Mackenzie. Meskipun Allcia Mackenzie juga mengalami perilaku kasar dari Adexe. 

Rasa cinta yang kuat  dan dukungan yang ikhlas dari Allcia bisa membawa perubahan yang bagus bagi kejiwaan Adexe dan berakhir dengan bahagia. 

Pentingnya Menghadapi kelainan Mental Tersebut

Tidak ada seorangoun yang mau menderita psikopat, tetapi terkadang kehidupan tidak bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Keiinginan yang baik dalam kehidupana tidak selamamya berjalan mulus bahkan terkadang terjadi sebaliknya. Karena itu saling menghargai perbedaan pendapat, meluruhkan ego dan saling menyayangi akan membuat kehidupan lebih harmoni. Bisa menerima dan mensyukuri apa yang dimiliki yang dianugerahkan oleh Sang Pencipta

Inilah yang bisa saya tuliskan untuk tugas Ke-4 RCO9 yang saya sendiri menyadari masih banyak kurangnya karena keterbatasan saya. Saran dan kritikan saya butuhkan untuk penulisan yang lebih baik.

Sumber:by googel dan berbabagi sumber

#RCO9

#OneDayOnePOst

#ReadingChallengeODOP9 

Comments

  1. Bener, mbak. Mental illnesses ini bisa dialami siapa pun. Banyak kasus yang aku amati sih berasal dari lingkungan. Meski penyebab pasti belum diketahui, aku yakin obat data ng bersama penyakit nya..

    Semoga kita makin aware ya mbak. Toh, hidup ini pun sesaat saja. Pasti akan lebih berarti kalau kita saling menyayangi ❤️❤️🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sependapat Mbak Yoha
      Alangkah baiknya kalau kita saling memberikan empati pada sesama

      Delete
  2. Kebanyakan manusia punya penyakit mental sih.. tapi ada yg berat ada yg ringan. Ada yg bisa ditanggulangi sendiri dengan kedekatan yang lebih kepada sang Pencipta, ada juga yang harus dibantu orang lain. Semua akan menemukan jalannya. Bagus ulasannya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Tanggapannya dan terima sudah berkunjung,

      Delete
  3. Sayangnya orang yang menderita psycophat sering kali tidak menyadari bahwa ia sedang menderita penyakit tersebut, sehingga jika kita kebetulan menjadi salah satu orang terdekatnya, kita harus sangat peka dengan kondisi tersebut untuk mencari jalan memberikan pertolongan. Wallahu a'lam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kepekaan dan empati sangat diperlukan untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan, smogaa kita semua selalu dalam perlindungan Allah

      Delete
  4. Ini yang paling kutakuti. Ih serem banget kan kalau g tau ternyata ada orang terdekat kita yg psikopat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, benar juga smoga kita selalu bisa waspada dan di hindarkan dari kejadian yang menyeramkan.

      Delete
  5. Luka batin yang tak disembuhkan bisa mendorong melakukan perilaku yang tak terkendali. Duh serem banget klo udah baca tentang psikopat begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smoga dengan banyak informasi bisa meminimalisir kasus luka batin, karena luka batin bisa yerjadi oada siapa saja,smogakita selalu berada dalam. lingkungan yang kondusif

      Delete
    2. Dan smoga kita semua selalu mendapat perlindungan dari Allah,aamiin

      Delete
  6. Pasti menegangkan gitu yang pas baca novelnya. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin, doa yang sama untuk kak Ika, bener tegang banget waktu baca bukunya, karena itu buru -buru tak selesaikan bacanya,

      Delete
  7. Gileeee, mempelajari tentang psycophat :' agak serem gimana gitu sebenernya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte