Reveiw Buku-Kenapa Ingus Hijau?

 Review Buku 



Judul: Kenapa Ingus Hijau?

Penulis:Gleen Murphy

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta-Indonesia

ISBN:978-979-22-8476-8


Buku dengan judul “Kenapa ingus Hijau?” merupakan Buku Sains Populer yang ditulis oleh Glenn Murphy  ketika sedang bekerja di Museum Sains, di London.  Gleen Murphy meraih gelar master komunikasi sains, dari Imperial College of Science, and Medicene di London.

“Kenapa Ingus  Hijau?” juga menjadi kandidat Penghargaan Buku Blue Peter tahun 200, Buku terbaik dalam kategori Fakta,dan Penghargaan Royal Society untuk buku sains kategori Anak -Anak tahun 2008.

Buku ini berisi tentang jawaban dari pertanyaan aneh seputar sains yang mungkin pernah terpikirkan  namun tak sempat ditanyakan. Itulah inti sains: pertanyaan -pertanyaan yang tidak terjawab.

Dan kebanyakan orang malas membaca tentang sais, karena berpendapat sains susah dimengerti atau terlalu membosankan untuk dipikirkan. Dan kata mereka,”sanis tidak punya semua jawaban.” 

Mereka benar. Sains memang tidak punya semua jawaban.

Tapi Sains punya, menurutku, beberapa pertanyaan terbaik.

“Ruang angkasa terbuat dari apa?”

“Seberapa besarkah alam semesta?”

“Darimana datangnya tsunami?”

“Mengaoa mata menjadi buram di bawah air?”

“Apakah laba -laba punya telinga?”

“Akankah nanti robot-robot jahat menguasahi dunia?”

 Setiap setiap hari, anak anak dan orangtua yang berkunjung ke Museum Sains mengajukan pertanyan -pertanyaan seperti itu kepada  kami. Apabila tahu, kami akan mencoba menjawabnya.Namun seringkali jawaban itu hanya menimbulkan pertanyaan lain. “Tapi, bagaimana bisa begitu,” kata mereka. Atau, “Bagaimana kamu bisa tahu?” Pertanyaan itu memicu lebih banyak penjelasan atau lebih banyak lagi pertanyaan. Itulah cara kerja Sains ---kita terus mengajukan pertanyaan.

Sains sangat berguna untuk memikirkan berbagai hal karena kita tidak pernah puas hanya mengatakan” saya tidak tahu”. Apabila tidak tahu, kita ingin mencari tahu—dan kita akan terus mengajukan  sampai kita tahu. Jadi seandainya dirimu mempunyai anggapan  sains itu terlalu sulit atau membosankan –selama ini, itu artinya  kau mengajukan pertanyaan yang salah. Nah, silakan bermain dan bersenang-senang dengan dengan pertanyaan yang bagus dalam buku ini. 

Pembahasan mengenai,

Tersesat di Ruang Angkasa

Planet yang Marah

Jawaban Hewan

Menjadi Manusia

Masa depan yang Hebat

Membaca buku ”Kenapa Ingus Hijau?”, bisa membuka wawasan tentang sains yang selama ini  dianggap rumit, bisa menjadi menjadi mudah dipahami dan akhirnya tertarik membaca dan mempelajarinya. Di samping itu cara menyampaikan sanganlah simpel dan pembaca diajak dialog langsung sehingga tidak menimbulkan kebosanan dalam membaca.Namun sebaliknya rasa ingin tahunya terus maju.  Karena itulah   alasan  saya tertarik untuk membacanya dan menjadikan sebagai buku non fiksi untuk  Challenge  RCO 10 level 2.

 

Buku ini sangat cocok dibaca oleh anak-anak, karena  masa anak-anak merupakan  masa pertumbuhan yang rasa ingin tahunya cukup tinggi. Rasa ingin tahu tentang apa yang dilihat di sekitarnya  bisa terjawab lewat  buku ini. Dengan rasa ingin tahu ini anak-anak akan tumbuh menjadi generasi yang cerdas beraqklak bagus, karena sains sangat erat hubungannya dengan  alam sekitar yang diciptakan Allah. Baik juga dibaca oleh Guru, Bunda  yang putra putrinya masih masa belajar, dan Umum yang menyukai sains. 

Itulah revisi yang bisa saya sampaikan sebagai tantangan dari RCO10.Harapannya bisalah buku ini menjadi  pengantar  untuk menyukai sains yang sangat bermanfaat.


#RCO10

#OneDayOnePost

#ReadingChallengeODOP10

#AntiBookShaming

#BacaBukuLegal






 
















 




Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte