Buka Bersama Sangat MenyenangkanBg gat Menyenangkan

 #RWC

#RamadanWritingChallange

#OneDayOnePost

#RWCODOP2022Day26

#RWCODOP 

#Bukber



Buka Bersama Sangat Menyenangkan

By:Essetyowatie







Memasuki bulan Ramadan di Musala dekat saya tinggal selalu mengadakan buka bersama yang lebih ngetrent dengan nama singkatannya yakni Bukber.  Ini diadakan sebulan penuh untuk mempererat silaturahmi. Pada saat berpuasa yang paling menyenangkan untuk ditunggu adalah berbuka. Bila berbuka tiba hilanglah rasa letih dan lesu yang membersamai sehari penuh.

Rangkaian Bukber  diawali dengan takjil kemudian dilanjut dengan salat Magrib berjamaah. Sedangkan makan bersama dilakukan setelah menunaikan salat Magrib  berjamaah. Rasa bahagia tergambar sekali dalam setiap pribadi yang hadir. Sungguh ini moment yang sangat langka yang hanya ada di bulan Ramadan. 


Sebenarnya setiap keluarga  di bulan puasa selalu mengadakan Bukber di rumah. Para anggota keluarga menyempatkan diri pulang saat buka puasa,   mengingat kesibukan masing-masing yang padat. Ini butuh perjuangan yang tidak mudah karena kendala macet di jalan menuju rumah. Bukber memang  butuh perjuangan untuk bisa melaksanakannya. 


Moment Bukber juga digunakan untuk bertemu teman- teman lama. Bisa teman SMA, teman sekomunitas, atau teman kuliah. Tidak menutup kemungkinan bisa bertemu dengan anggota keluarga besar. Mungkin yang setiap hari dirutinkan untuk kesibukan sehari -hari sehingga tidak sempat untuk saling bertemu. Saat buka bersama mereka bisa saling bertemu dan saling berbagi kabar. 


Apalagi dua tahun penuh kita di landa pandemi. Tidak bisa kemana mana karena virus dapat dengan mudah menular. Sehingga  diterapkan  peraturan  yang ketat. Menjauh dari kerumunan, menjaga jarak,  memakai masker,mencuci tangan. Alhamdulillah  setelah dua tahun virus bisa dikendalikan dengan melaksanakan vaksin di ikuti dengan daya tahan  tubuh yang kuat. Sehingga kehidupan berjalan normal meskipun  tetap memberlakukan prokes.


Suatu kabar yang sangat gembira bila tahun ini bisa melaksanakan puasa dengan normal. Sudah bisa salat tarawih ,sudah bisa tadarus di musala atau di masjid. Seiring dengan itu juga sudah busa mengadakan bukber. Begitu  sudah boleh bukber, langsung semarak pelaksanaan Bukber. Semoga  kita dipertemukan di bulan Ramadan  tahun depan dan bisa melakukan  Bukber bersama orang -orang terkasih. 









Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte