FiksinRamadan-Mengutamkan Sah

 #RWC

#RamadanWriting Challwnge

#OneDayOnePost

#RWCODOP2022Day14

#RWCODOP 

#SaurKesiangan


Judul:Mengutamakan  Sahur

Genre :Fiksi Ramadan

Oleh :Endang Setyowati







Pagi ini banyak sekali aktivitas yang harus dikerjakan Iyani. Sebagai owner dari boutiqe Jelita ia harus mengecek semua laporan keuangan juga mengecek barang yang harus terkirim hari ini.  Di samping itu ia mesti mengecek kembali  sebuah desain baju yang sudah didesainnya semalam. Desain itu untuk seorang artis papan atas dan hari ini ada janji dengannya.  


Sebenarnya ia dibantu beberapa karyawan, namun untuk urusan yang urgent ia harus turun tangan sendiri.  Bukan ia tidak percaya dengan karyawannya tetapi, ia bertanggung jawab penuh untuk hasil karyanya. Karyanya yang dijual lewat sebuah boutiqe yang dirintisnya dari nol. Ia tidak ingin mengecewakan pelanggannya. 


Meskipun ini bulan puasa tetapi beban pekerjaan tidak berkurang bahkan malah  bertambah. Sebagaimana kita tahu, bahwa setiap Ramadan tiba itu berarti persiapan untuk lebaran mengikutinya. Salah satu persiapan itu pakaian  dan peralatan salat . Tak heran jika boutiqe jelita kebanjiran order. 



Bulan puasa ini Iyani mengurangi jam kerja nya dua jam. Hari biasa kerja dimulai jam 9 sampai jam 4 sore sedangkan saat Ramadan  ini buka jam 10 dan tutup jam 3 sore. Ini memberi kesempatan pada dirinya sendiri juga karyawannya untuk bisa mempersiapkan buka puasa dan salat tarawih agar bisa menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan dengan baik. Apalagi untuk makan saurnya biar tidak terlambat, Jangan sampai saur kesiangan akibat kecapekan kerja di siang hari.  Karena makan saur itu  merupakan rangkaian ibadah puasa juga. Didalam ibadah makan saur ada berkah  karena itu jangan sampai melewatkan makan saur atau  saur kesiangan agar mendapatkan  berkahnya.


Iyani ingin bahwa pekerjaan yang ditekuni tidak saja berhasil di dunia tetapi juga berguna untuk amalan di akhirat.  Karena itu sebelum pulang biasanya mereka berkumpul dalam satu meja bukan untuk rapat melainkan untuk saling bertukar ilmu agama terutama tentang puasa. Kali ini salah satu karywan memberikan tips keutamaan makan sayur. Keutamaan makan sahur dikutip dari sebuah hadis "Barangsiapa ingin berpuasa, maka hendaklah dia bersahur," (HR Ahmad]

Satu hadis tentang keberkahan makan sahur. 

“Bersahur itu adalah keberkahan mska janganlah kamu meninggalkannya walau hanya seteguk air, karena Allah  dan para malaikat  bersalawat atas orang yang bersahur[HR Ahmad ]


Gresik, 17 April 2022

Kemudian  pertemuan itu ditutup dengan doa penutup majelis dan akhiri dengan bacaaan salawat. 


Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte