Menu Favorit Beebuka Puasa

 Kolak Menu Berbuka Favorit



Pic:share WA

Oleh. :Endang Setyowati 

Orang yang berpuasa  akan mempunyai dua kegembiraan yaitu gembira saat berbuka atau hari raya dan saat bertemu Tuhannya. Kegembiraan ini akan membawa efek bersemangat dalam berpuasa sehingga bisa selesai sampai pada saat berbuka puasa pada hari itu.  Saat berbuka berbagai makanan dan minuman tersaji untuk  menu berbuka. Akan tetapi  pastinya ada sesuatu yang spesial yakni menu berbuka favorit yang mesti disediakan di atas meja. 


Bagi orang dewasa menu favorit berbuka tentulah hanya sekedar rasa senang untuk menikmati berbuka. Akan tetapi bagi anak-anak usia SD sampai SMP Menu favorit berbuka mempunyai arti tersendiri, bisa sebagai penyemangat untuk mengerjakan ibadah puasa. Wah, dahsatnya menu favorit berbuka puasa,  bisa menyemangati anak-anak. Ini pengalaman pribadi sewaktu masih anak-anak selalu bersemangat bila ibu menyajikan menu favorit.  


Menu favorit berbuka keluarga kami adalah kolak dan teh hangat. Aduhai enaknya menyantap semangkok kolak saat berbuka. Perpaduan antara santan, gula merah dan aroma pandan wangi dengan isinya kacang hijau, pisang, kolong kaling, waluh kuning atau ubi jalar sangat enak dan mantab sekali. Kirannya pas bila berbuka menyantap kolak karena rasa manis akan membantu memulihkan energi.


Kolak yang manis sangatlah pas untuk berbuka puasa karena dengan minum yang manis tenaga yang hilang bisa segera pulih kembali. Kalau untuk saat sekarang sumber makanan manis selain Kolak ada juga kurma. Kurma sangat baik juga untuk berbuka puasa. Rasa manisnya akan cepat memulihkan energi yang hilang. Kurma bisa juga dibuat infus  water



Tentu saja setiap orang akan berbeda menu favorit berbuka puasa, ada yang suka kolak,  es campur, teh hangat dan lain lain. Syukurlah  kita mempunyai banyak stok aneka jenis masakan dan jajanan nusantara. Tentu saja Ramadan ini juga sangat membantu mengenalkan aneka jenis resep nusantara. Siapa tahu dengan mengenalnya bisa menambah daftar menu favorit berbuka. “Bagaimana menurut kalian?”


Gresik, 5 April 2022

#RWC

#RamadanWritingChallenge 

#OneDayOnePost

#RWCODOP2022day3

#RWCODOP 

#MenuFavoritBerbuka




Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte