Saur On The Road

 Saur On The Road




Oleh: Endang Setyowati 

Era 2000 an saat bulan puasa tiba ada trent dengan istilah saur on the road. Apa itu saur on the road? Dilihat dari bahasanya ini merupakan gabungan dua bahasa yaitu arab dan bahasa inggris. Saur dalam bahasa arab merupakan aktivitas makan pada dini hari sebelum subuh bagi yang ingin mengerjakan ibadah puasa. Sedangkan on the road dari bahasa inggris yang artinya di jalan.  Jadi SOTR[saur on the road] bisa diartikan  saur di jalan. 


Biasanya dilakukan oleh anak-anak muda yang bergabung dalam  Komunitas. Jadi dilakukan secara berkelompok tidak sendirian. Kegiatan mereka keliling membawa makanan dan memberikannya pada orang yang mereka temui di jalan yang membutuhkan makan saur. Kegiatan ini bisa menggugah rasa empati pada sesama dan termasuk dalam kegiatan ibadah


Dalam makan saur ada keberkahan karena itu jangan ditinggalkan meskipun hanya saur dengan seteguk air. Ini berdasarkan hadis, Rasullullah SAW bersabda,”Makan saur adalah berkah maka janganlah kalian meninggalkannya meskipun salah seorang diantara  kalian hanya minum seteguk air.” Betapa pentingnya makan saur tersebut,  jadi berusaha untuk memberi makan saur pada orang  dijalan adalah sebuah kebaikan. Merupakan juga rangkaian ibadah dalam menjalankan ibadah puasa.


Namun perlu disadari terkadang kegiatan ibadah saur on the road bisa memicu kegaduhan dan bisa mengganggu ketertiban umum. Bisa saja  terjadi tawuran yang tentu saja hal ini melenjeng dari tujuan semula. Semula diniatkan  ibadah yang ditujukan untuk membantu  saudara kita malah berunjung  kekacauan. Jadi sebaiknya memang saur on the roat  bisa membawa kebaikan tidak menyebabkan kekacauan dan menggangu ketertiban umum. Bila menggangu ketertiban umum tentu akan mengurangi makna dari saur of the rosroad d


Kiranya perlu juga dikaji ulang tentang saur on the road lebih banyak manfaat atau malah sebaliknya. Apalagi pada masa pandemi seperti ini yang menghindari kerumunan.  Bila masih ingin melakukan saur on the road, mungkin sistemnya yang beda. Misalnya dengan memberikan saur pada panti asuhan juga bisa diberikan di masjid. Intinya memberikan atau mengadakan saur on the road tidak menimbulkan keresahan. 



Gresik, 10April 2022


#RWC

#RamadanWritingChallange

#OnedayOnePost

#RWCODOP2022Day8 

#RWCODOP 

#SaurOnTheRoad


Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte