Sedekah

 #RWC

#RamadanWritingChallenge 

#OneDayaOnePost

#RWCODOP2022Day23

#RWCODOP 

#Sedekah


Membiasakan Sedekah





Oleh: Endang Setyowati 

Salah satu dari perbuatan baik adalah bersedekah. Sedekah yaitu memberikan sebagian dari rezeki yang  kita peroleh pada orang  yang memerlukan atau bisa juga pada fakir miskin. Jumlah yang diberikan tidak ada ukuran tertentu seperti minimal atau maksimal, ukurannya adalah keikhlasan kita. Harapannya adalah mendapatkan Ridho dari Allah. 


Walaupun begitu pernah  juga terdengar perkataan belum kaya kok bersedekah. Ada juga yang berkata untuk hidup saja susah, apa yang mau disedekahkan? Menurutku sedekah itu tidak usah menunggu kaya, karena ukuran kaya itu relatif. Setiap orang  mempunyai definisi yang berbeda beda. Parameternya juga berbeda antara satu orang dengan yang lainnya.


Sedekah itu sangat luas tidak mesti berupa uang. Tersenyum pada orang  lain, pada tetangga dengan ikhlas itu sudah termasuk sedekah. Menyingkirkan  duri di jalan itu juga bisa digolongkan. Misalkan saja saat kita pergi ke pasar terus bertemu dengan peminta -minta,  bisa  kita memberikan pecahan uang pada mereka. 


Jumlah yang diberikannya tergantung kondisi kantong kita. Jadi diri kita sendiri yang bisa menentukan berapa sedekah yang akan kita keluarkan. Apabila kita ikhlas memberikan ada rasa bahagia ketika sudah selesai memberikan sedekah tersebut. Apalagi jika  yang menerimanya juga menampakkan senyum keikhlasan dengan ucapan terima kasih. Dah lengkapkan antara yang menerima dengan yang membwri saling ikhlas. 


Sebenarnya bila kita bersedekah itu pada hakekatnya adalah menolong diri kita sendiri. Kenapa begitu? Karena bersedekah berarti kita bisa merasakan penderitaan orang lain. Orang yang bisa merasakan penderitaan orang lain pasti suatu saat akan ditolong orang saat kita dalam level kesusahan.Saat kita memberikan hati kita senang sehingga akan memancarkan aura positif dari wajah kita akan tersenyum. Kebahagian akan menjaukan diri dari berbagai penyakit.


Hal yang perlu diperhatikan saat memberi sedekah  hendaknya benar benar dilaksanakan. Berikanlah sedekah dengan baik dan santun. Jagalah perasaan penerima sedekah agar bisa membwrikan kesan yang baik. Intinya jangan sampai penerima sedekah merasa haknya diabaikan. 


Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte