BAHAGIA ITU PILIHAN

 Bahagia Itu Pilihan





Oleh: setyowatie439

Bahagia itu menurutku kalau aku bisa tersenyum lepas tanpa ada beban  hidup meskipun sebenarnya problema itu tetap ada bersama kita.  Bahagia itu juga bila aku bisa mensyukuri apa yang aku miliki setelah  berupaya semaksimal mungkin untuk meraihnya. 

Lalu bagaimana kalau tiba -tiba, “Dipermainkan, ditinggal nikah, punya hubungan toxic,diputus, dan berakhir gagal nikah."

"Detik ini, aku merasa sudah kehabisan alasan bikin diri ini bahagia."


Sebenarnya bahagia itu sebuah pilihan, dengan semua konsekuensi yang ada. Dan diri ini adalah seorang tuan yang harus memilih  mengizinkan bahagia atau kesedihan yang akan bersamanya. 


Kalau bahagia yang menjadi pilihan tentu tidak akan mengizinkan kesedihan  mendekat.  Kita harus mengusirnya dari jiwa kita.Sehingga  rasa salah dan sedih akan berangsur angsur  berkurang, karena sedikit masalah sudah bisa terurai


Saat berada pada posisi di titik nol, bolehlah kita merasa sedih,menderita, nangis, karena memang kita punya perasaan. Akan tetapi tidak membiarkan semuanya berlarut-larut membuat terhanyut sampai gelagapan.

Seperti halnya air yang terus mengalir,begitulah hidup ikuti saja permainannya, tanggapi setiap masalah yang ada. 

Mungkin terpikir bisa menghindar lari menjauh tetapi, itu akan menjadi bom waktu.

Karena selama kita masih bernapas sepanjang itu pula masalah  akan selalu ada, yang terbaik bukan menghindar tetapi dihadapi untuk diselesaikan. 

Mungkin awalnya menghindari masalah adalah sebuah berkah,  karena bisa sejenak menghirup udara segar. Namun,  ini hanya bersifat sementara saja, karena sesuatu yang dihindari  suatu saat akan bertemu lagi.

Bula yang dulu dihindari kemudian bertemu kembali kita akan merasa syok. Tetapi bila dulu ada masalah diselesaikan saat menerima masalah lagi dengan persoalan yang sama tentu sudah punya pengalaman bagaimana cara menyelesaikannya. Satu hal lagi mental kita menjadi kuat akan terpaan angin dan badai. Semakin kita sering menyelesaikan masalah InsyaAllah akan menjadi seorang anak manusia yang tegar tahan banting. 


Bila bahagia itu pilihan, pilihlah bahagia. Yang terjadi akan bahagia karena sesungguhnya hidup itu perjalanan yang kita pikirkan.

Yuk berbahagia tinggalkan kesedihan.



Gresik, 17 Juni 2022

#NBO

#NulisBarengODOP

#NBOday 17





Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte