Bersyukur Atau Mengeluh?

 Bersyukur Atau Mengeluh?




Oleh: Endang Setyowati

Hari ini  dan kemarin, pagi-pagi sudah turun hujan. Meskipun, hujannya gerimis tentu saja menunda aktivitas minggu pagi. Kalau hari minggu pagi begini jalan-jalan pagi merupakan bagian agenda rutin bagi sebagian orang. Tak sedikit juga yang masuk kerja di hari minggu, ada juga yang memanfaatkan hari libur ini berjualan di tempat orang -orang yang melakulan kegiatan jalan-jalan atau bersantai. Tentu saja yang  sudah mempersiapkan dari awal akan sedikit kecewa karena tertunda.


Tapi kalau ditelaah lebih lanjut, kepada siapa kita kecewa?  Pada hujan? Pada hari yang tidak  mengetaui kenapa hujan? 

Atau marah  tanpa alasan dan ngedumel pada diri sendiri? 


Sebenarnya saat hujan turun itu ada berkah didalamnya  sebagaimana doa yang dipanjatkan pada Allah ketika hujan yang artinya,” Ya Allah turu nkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat.”


Dengan berdoa waktu turun hujan yang terjadi pada kita rasa syukur  pada Allah atas semua yang terjadi saat itu. Tentu saja banyak kebaikan yang akan kita peroleh salah satunya adalah ketenangan jiwa. 


Bisa kita lihat setelah turun hujan lingkungan yang di sekitar kita menjadi sejuk daun- daun menjadi segar dan tanaman yang layu akan menjadi segar kembali. Nah,  banyak manfaatnya saat turun hujan. 


Coba bila dibandingkan kita waktu hujan ngedumel menyalahkan sana-sini yang ada hanyalah dongkol di hati, raut muka menjadi kusut dan tegang. Tentu akan membawa dampak buruk terhadap kesehatan kalau tidak bisa mengendalikannya. 


Apa pun yang terjadi pada hari yang bisa kita lewati tentu harus disyukuri dengan penuh khidmat. Coba tengok pada saat hujan pagi hari, terkadang matahari  bersinar saat hujan belum reda  sehingga rintik hujan yang jatuh terbias sinar matahari.  Itu sangat indah bila kita mengamatinya.

 

Biasanya saat hujan turun terus matahari itu akan ada pelangi di langit biru. Pelangi it indah bukan? Melengkung dengam warna warni mejikuhibiniu[ merah,  jingga,  kuning, hijau, biru,  nila,dan ungu] yang sungguh menawan. Peristiwa alam ini sangat jarang terjadi. Masya Allah, sungguh  menakjubkan ciptaan Allah,  sangat indah tiada tandingannya. 

Itu baru pelangi yang mulai muncul setelah hujan belum beagaimana proses hujan bisa sampai di bumi. Tentu sesuatu yang sangat menyenangkan dan berlimpah pengetahuan. Karena itu tidak ada alasan untuk tidak bersyukur pada Allah apa yang sudah di karuniakan pada kita.  Apa yang alam berikan sangat baik untuk kita,  tinggal kita bagaimana menyukainya. 

Gresik,  13 Juni 2022


#NBOday13

#NulisBarengODOP

#onedayonepost







Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte