Bagaimana Kamu Menunjukkan Rasa Sayang Kepada Orang Lain

 Bagaimana kamu menunjukkan rasa sayang  kepada orang lain? 

Oleh: Endang Setyowati 

Sebuah pertanyaan terkadang bisa dipakai untuk memulai sebuah tulisan. Hal ini dibuktikan dalam event  11 hari bertanya. Dimana setiap tulisan dimulai dengan pertanyaan. Yang saya tulis ini memasuki hari ke-5. 


 Bagaimana kamu menunjukkan rasa sayang kepada orang lain? 

Rasa sayang  atau damai merupakan fitrah manusia  sejak lahir, dan akan terus berkembang mengikuti tumbuh kembang manusia. Rasa sayang bisa menimbulkan empati pada sesama baik yang ada ikatan darah maupun tidak. 


Rasa empati yang tidak ada ikatan darah bisa diwujudkan dengan bersedekah,  melakukan donor darah,  memberikan donasi kepada bencana alam, dan masih banyak lagi. 


Orang lain yang tidak ada ikatan darah adalah sahabat kita, anak yatim piatu, teman, orang yang memerlukan pertolongan. Menyayangi sahabat dengan mendengarkan keluh kesah kalau sahabat lagi di rundung masalah.  Memberikan semangat kala sedang drop semangatnya. Karena tidak ada manusia yang sempurna maka persahabatan  sangat perlu sekali. 


Selain sahabat ,keberadaan anak yatim piatu di panti asuhan maupun yang dirawat  familinya perlu juga mendapat kasih sayang dari kita, dengan memberi santunan  padanya atau menjadi orang tua asuh. Sehingga mereka bisa juga merasakan kebahagiaan dan juga memperoleh pendidikan. yang baik untuk  bekal hidupnya kelak. 


 Kepada para  peminta -minta pun kita juga memberikan welas asih kepadanya  dengan memberinya sedekah sesuai dengan kemampuan kita.  Kalau kita tidak bisa memberi pun dilarang menghardik atau memberikan label yang kurang baik, juga jangan  berkata kasar .


Kalau kita tidak bisa memberi, katakan dengan baik agar mereka tidak tersakiti hatinya. 

 Intinya saling menghargai karena kita tidak pernah tahu siapa  yang paling baik di sisi Tuhan .

Mari kita tebarkan rasa sayang pada semua makhluk ciptaan Tuhan. Karena tidak ada yang sia -sia yang diciptakan Tuhan. 

Gresik, 5 Juli 2020


.


#11haribertanya 

#hari kelima

#mempertemukan 

#writingproject

#opini

#pic. :hasil foto sahabat


Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte