Persahabatan Karena Allah

 




Tema: Persahabatan karena Allah

Seharum Minyak Wangi dan Sepanas Pandai Besi

Penulis : Endang Setyowati


Kehidupan sosial mengantarkan seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain karena manusia  memiliki keterbatasan. Manusia selain sebagai makhluk sosial juga sebagai pribadi individual

Kenapa bisa tergolong makhluk sosial? Karena pola kehidupan manusia itu saling membutuhkan. Mustahil manusia bisa hidup sendiri tanpa orang lain. 

Kenapa pula bisa disebut insan individual?  Karena manusia terkadang ingin menyendiri untuk merenungkan apa yang sudah diperbuat.  Karena tanpa perenungan jiwa, jiwa akan selalu lapar .

 sebagai imdobidi 2BermasyarKatSalah satu bentuk interaksi adalah menjalin persahabatan. Sangat mustahil bila tidak mempunyai sahabat.

 Dalam bersahabat dikehidupan sehari hari sangat mempengaruhi pola pikir dan perilaku seseorang.Pengaruhnya sangat dahsyat. Seperti yang tercantum dalam hadis berikut

“Perumpamaan kawan yang baik dan kawan yang buruk seperti seorang penjual minyak wangi dan seorang peniup alat untuk menyalakan api (pandai besi). Adapun penjual minyak wangi, mungkin dia akan memberikan hadiah kepadamu, atau engkau membeli darinya, atau engkau  mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, mungkin dia akan membakar  pakaianmu, atau engkau mendapatkan bau yang buruk”.[HR. Bukhari dan Muslim]

 2022 muslim.or.id 

Jadi kiranya sangat tepat bila bersahabat kita harus punya filter agar bisa terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan.

Bukalah mata lebar-lebar sebelum kita memutuskan bersahabat dengan seseorang. Jangan salah memilih sahabat  karena berakibat buruk dalam hidupmu.

Lalu bagaimana sahabat yang baik?

Sahabat yang baik adalah sahabat yang saling mengingatkan dalam hal kebaikan, mempunyai empati dan bisa menerima  kelebihan dan kekurangan.


Akan tetapi yang lebih penting persahabatan itu akan langgeng bila diletakkan atas dasar karena Allah.

Sedangkan persahabat yan g terbentuk  karena harta seperti sebuah ungkapan ada uang sahabat disayang tidak ada uang sahabat di tendang Persahabatan  yang baik iti dilandaskan karwna Allah sebab jika tidak maka hanya Dengan begiti kita bisa 






Gresik,1 Desemner 2022


#Kominitasmmulismuslimaimdomesia

#kmmi

#31hariDesemnerProduktifld

#esemnerproduktif2022

#dp2022hari 01



Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte