TAHUN BARU

 




Judul: Tahun Baru





Penulis: Endang Setyowati

Selamat Datang Tahun 2023

Selamat Tinggal Tahun 2022



Setiap 365 hari akan terjadi pergantian tahun dan ini sudah terjadi dari zaman ke zaman. Sejauh ini tahun baru identik dengan pesta pora, suka cita, pesta kembang api juga tiup-tiup trompet. Acara suka ria untuk menyambut datangnya tahun baru. Semua merayakan kehadiran tahun baru,  mulai dari tua, muda,  dewasa., remaja dan anak -anak dengan suka cita dan sepertinya itu sudah lazim



Namun tahukah bahwa sebenarnya setiap pergantian tahun itu ada yang kurang? Apakah yang kurang itu?  Yakni usia dari seseorang.  Saya kira semua insan di dunia ini sudah sepakat akan hal itu. Jadi sebenarnya apa yang dirayakan di pergantian tahun? Apakah merayakan kehilangan ataukah yang lainnya. 


Tentunya setiap orang mempunyai alasan dan sudut pandang sendiri saat menyambut hadirnya tahun Masehi ini.  Ada yang merayakan dengan perenungan diri, setelah satu tahun dijalani. Sesuatu yang sudah direncanakan, apakah bisa dikerjakan apa hanya tinggal rencana.  Kalau sudah selesai dikerjakan berarti targetnya tercapai   tetapi bila belum terlaksana tentu akan dicari penyebabnya. 

Ada juga penyambutan tahun baru dengan pesta kembang api, yang bersliweran di langit malam seperti bintang bintang yang berjatuhan. Hanya sekejab kemudian hilang ditelan gelapnya malam, kemudian hening. 

Mungkin ada juga yang menyambut datangnya tahun baru dengan mengunjungi tempat wisata atau pergi mencari hidangan favorit di resto berbintang lima atau bisa juga di pedagang kaki lima.

Kalau menurut pendapat saya pribadi pergantian tahun saatnya untuk introspeksi atau perenungan diri tentang perjalanan yang sudah lewat. Kemudian menyusun rencana untuk tahun depan atau rencana baru atau bisa juga berdasarkan rencana tahun sebelumnya yang mungkin belum bisa terealisasi bisa diwujudkan di tahun 2023

Selamat  tahun baru 2023 

Memberi semangat baru

Meninjau kembali asa

Yang telah terekam  dalam jiwa

Bila sudah terlaksana bersyukur jangan takabur 

Allah memyukai hambanya yang  pandai bersyukur 

Namun bila belum tercapai janganlah merasa  duru tak berguna

Terus berusaha tanpa mengenal lelah jangan hanya pasrah

Tetap semangat di tahun. 2023


Kotadamai, 1 Januari 2023



 


Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte