Agar Tidak Telat Makan Saur.

  Tips Ramadan






Agar Tidak Telat Makan Saur.


Makan saur merupakan rangkaian ibadah puasa di bulan Ramadan. Meskipun tidak termasuk ibadah wajib tetapi ada keberkahan saat bisa melaksanakan makan saur. Tetapi ada sebagian orang yang sulit untuk bangun. Akibatnya makan saur tidak bisa dilaksanakan karena saat bangun waktunya  telah lewat. Untuk itu harus dicari cara bagaimana agar bisa bangun untuk melaksanakan ibadah makan saur.


Berikut Adalah Tips Agar Makan Saur Tidak Telat.

*Pasang Niat 

Saat mau tidur Bismillah pasang niat akan bisa bangun di waktu saur. Niat saur terkadang diucapkan  juga saat usai menjalankan ibadah salat tarawih  di masjid atau musala. Kemudian kita ulangi lagi saat mau  tidur  sebagai ucapan untuk  mengafirmasi diri.  Saat kita mengucapkan sesuatu berulang otak dan dukuh kita akan meresponnya. Insyaallah  nanti akan bisa bangun. 


*Kenali Waktu Tidur dan Tidur Lebih Awal.

 Mengenali waktu tidur yang dimaksud adalah bagaimana ritme tidur kita. Butuh berapa jam sehari. Karena setiap orang membutuhkan waktu tidur yang berbeda. Orang dewasa biasanya membutuhkan tidur 7-9jam sehari. Akan tetapi pada umumnya untuk bisa bangun dini hari usahakan agar tidur malam dilakukan lebih awal kurang lebih jam 22.00 agar bisa bangun jam 03.00. Tidur lebih awal  memberikan kesempatan tubuh untuk beristirahat lebih maksimal.


*Jangan Berlebihan  Makan Saat Berbuka Puasa.

Berbuka puasa merupakan waktu yang sangat dinanti oleh orang yang berpuasa. Bahkan bisa lebih bersemangat kala mengingat berbuka.  Namun hendaknya saat berbuka makan dan minum yang sewajarnya saja.  Bagaimana cara memilih makanan untuk berbuka sudah saya tulis  saya posting  di ig (https://www.instagram.com/setyowatie439) postingan hari ke-8. Dengan berbuka kondisi badan bisa segar kembali dan siap untuk beraktivitas. 


*Jangan Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein Di Malam Hari. 

Kafein banyak terdapat pada kopi dan teh. Minum kopi dan teh memang sangat nikmat. Saya sendiri juga penyuka teh. Teh aroma melati itu yang saya sukai.  Tidak menutup kemungkinan untuk teh herbal lainnya  seperti teh daun kelor,  teh bunga telang, teh rosela. Bila sudah menyukai rasa teh ada yang tertinggal bila tidak meminumnya. Karena itu bila menginginkan aturlah waktu minumnya jauh sebelum tidur malam. Agar bisa tidur lebih pulas.


*Menggunakan Bantuan  Alarm dari HP Atau Jam Beker

Biasany kita meletakkan jam beker dekat dengan tempat tidur . Sehingga saat jam berdering mudahnya tangan kita menjangkaunya kemudian mematikan dan kembali tidur. Alhasil bisa tebak hasilnya. Tetapi ada trik agar bisa bangun namun tidak tidur lagi dengan cara meletakkan agak jauh dari tempat tidur.  Tujuannya saat  alarm berbunyi bisa bangun berjalan menuju alarm. Tapi setelah itu jangan tidur lagi ya. Segera cuci muka di kamar mandi kemudian menuju meja makan untuk makan saur. 


 *Jangan Lupa Berolahraga

Olah raga saat berpuasa dianggap terlalu berat  akan tetapi ada olah raga yang ringan saat menjalankan ibadah puasa. Seperti jalan kaki di sore hari sambil ngabuburit, bersepeda, menyiram tanaman di halaman rumah. Olah raga yang ringan akan membuat peredaran darah  lancar kemudian tubuh menjadi bugar. 

Itulah beberapa tips Ramadan semoga bisa membantu. Agar bisa melaksanakan ibadah puasa tanpa melewatkan makan saur. Selamat menjalankan ibadah puasa. Tetap bugar dan semangat. 


Gresik, 1 April 2023

#NBO

#edisiramadan1444H

*sumber dari Nova, Halodoc dan berbagai sumber ditambah pengalaman pribadi 


Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte