Al-Qur'an Jadul

Al-Qur'an Jadul


leh: Endang Setyowati

Tema  hari ke 20 di RWC adalah Al-Qur'an Jadul ini maksudnya Al-Qur'an yang telah dipakai dalam waktu yang lama. Bisa juga Al-Qur'an yang telah kita miliki saat pertama kita belajar Al-Qur'an. Sebelum kita mpelajari Al-Qur'an kita harus mengenal dulu huruf Hijaiyah kemudian cara membacanya.Aturan cara membaca Al-Qur'an dibukukan tersendiri  di namanya ilmu Tajwid. J 

adi ingat pertama kali belajar membaca Al-Qur'an.


Aku belajar membaca Al-Qur'an atau ngaji di sebuah langgar dekat rumah bersama teman -teman masa kecil. Diawali dengan belajar memakai buku Juz Ama  dan kami biasanya menyebut buku turutan. Setelah lulus baru kami belajar Al-Qur'an. Pertama kali membaca Al-Qur'an, Al -qurannya besar sekali. Kemudian seiring berjalannya waktu saya beli Al-Qur'an yang kecil agar mudah di bawa kemana-mana.


Al-Qur'an besarku ada dirumah orang tuaku. Kadang masih saya baca saat mudik. Sedangkan Al-Qur'an ukuran kecil masih aku ada.  Di sana ada catatan -catatn kecil  dan sudah buram karena aku tulis dengan pensil. Biasanya cacatannya berhubungan dengan ilmu Tajwid. Ada .Sampulnya masih utuh tetapi lem nya agak lepas,berwarna biru namun ada yang robek. Sampai saat ini asih aku simpandan kadang aku baca

 Banyak  sekali  kitab Suci Al-Qur'an dirumahku. Ada yang beli ada juga yang hadiah. Ada juga koleksinya anak-anak saya saat belajar Al-Qur'an karena saya sekarang sudah menjadi ibu.Asa satu Al-Qur'an terjemahan yang saya simpan. Dulu yang membeli almarhum ayahku. Jadi saya membacanya bergantian karena berharap kitab-kitab Al-Qur'an di rumah bisa terbaca semua. Termasuk Al-Qur'an Jadul yang kumiliki.

Semoga kita bisa mengamalkan isi Kitab Al-Qur'an. Karena dalam Al-Qur'an dipelajari semua yang berhubungan dengan kehidupan. Baik secara pribadi maupun secara sosial.  Al-Qur'an sumber dari segala ilmu dan tidak akan pernah lekang oleh waktu.

 

Jadikanlah membaca Al-Qur'an menjadi habit.  Dengan membaca Al-Qur'an hati akan menjadi tenang dan akan lebih siap dalam menghadapi semua problema hidup. Jika membaca Al-Qur'an sudah menjadi kebiasaan secara tidak langsung kita sudah mengamalkan setiap hari. Sebaik baiknya amal adalah yang dilakukan secara rutin.

Grk, 12  April 2023

#NBO

#rwcodop2320

#onedayonepost

#alquranjadul


Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte