Antara Opor dan Rendang

 ANTARA OPOR DAN RENDANG





Oleh: Endang S


Lebaran semakin dekat, apa yang akan dipersiapkan untuk hidangan nanti?. Sebuah tema antara opor dan rendang sangatlah pas dengan suasana yang sebentar lagi akan datang. Opor dan rendang sebuah masakan yang aku suka kedua -duanya. Tapi kalau disuruh memilih aku lebih suka opor dari pada rendang.


Dulu di rumah orang tuaku saat lebaran pastilah mengadakan selamatan untuk bersyukur dan sekaligus menyambut lebaran. Ibuku memasak ayam panggang untuk selamatan dan juga diantar ke rumah nenek dari ibu maupun ayah. Kemudian untuk hidangan keluarga sendiri ibu membuat opor ayam sebagai teman nasi. Yang dimasak  ayam kampung dan menyembelih sendiri. Karena waktu itu memelihara ayam kampung.


 Oh ya, ditempatku saat lebaran tidak membuat ketupat. Hidangan yang ada adalah opor ayam, kering tempe ,sambel,  serundeng dan nasi. Membuat ketupat biasanya enam hari setelah lebaran Idul Fitri yang disebut bodo kupat. Ketupat atau lontong di pasangkan dengan sayur lodeh ditambah  taburan bubuk kedelai dan sambal.


Rupanya kebiasaan di rumah ibu terbawa juga pada keluarga intiku. Saat lebaran di hari pertama saya menyajikan opor ayam, kering tempe dan nasi.Tentu saja tidak lupa kerupuk . Kalau si sulung lebih suka rendang tapi saya jarang memasak rendang kecuali saat idul Adha.


 Itulah Menu makanan yang terhidang saat lebaran di keluargaku.Opor ayam memasuki nominasi pertama dibandingkan dengan rendang.Disamping opor ayam masaknya lebih simpel di banding dengan rendang,  opor juga praktis tinggal memanasi supaya tetap segar saat akan di hidangkan. Mungkin karena kebiasaan dari leluhur yang selalu masak opor. Seperti istilah "bisa karena biasa."


Antara Opor dan rendang sebenarnya lebih mengarah pada kebiasaan saja. Apa pun yang dihidangkan saat lebaran selalu membuat bahagia yang menikmati. Baik  itu opor atau  rendang tak ada bedanya. Karena lebaran adalah merayakan kemenangan setelah sebulan ditempa untuk menjadi jiwa yang bersih, suci seperti bayi  baru lahir. Selamat merayakan hari raya Idul Fitri Minal Aidzin Wal Faidzin mohon maaf lahir batin.


Gresik, 18 April 2023

NBO2318


#RWCODOP2326

#OneDayOnePost

#AntaraOpordanRendang

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte