Lebaran

  Lebaran




 Lebaran  sudah memasuki hari ke -7 berarti sudah  menginjak   tanggal 7 Syawal dan jatuh pada  hari Jum'at. Sebagaimana diketahui para muslim laki -laki yang sudah baliq mempunyai kewajiban menegakkan  salat jum,at. Kebetulan rumah almarhumah nenek  dari keluarga paksu berdekatan dengan masjid  bisa dikatakan satu lokasi dengan masjid. Masjid itu berdiri  di  tanah wakaf dari keluarga besar paksu. Aku bisa menyaksikan salat Jum'at dari dekat, hanya berdiri di halaman saja atau duduk di rumah   sudah bisa melihat masjid beserta jamaahnya.


Aku sebagai muslimah tidak diwajibkan salat Jum'at tetapi melaksanakan salat dhuhur setelah selesai salat jum,'at. Banyak berjejer sepeda motor terpakir di halaman masjid. Nomer.polisi  sepeda motor nya beragam, ada yang plat L ada yang plat AE, W, S ,B. Ini menandakan banyak pemudik yang datang kesini. Akan tetapi nopol AGbtetap mendominasi  karena memang sekarang aku berada di kota dengan plat kendaraan AG.


Aku bisa mendengarkan kotbah salat Jum'at dari dekat. Bisa juga mendengarkan bedug yang di tabuh  duung...,duung.dengan suara menggema.Tentu  saja sebelum besug ditabuh didahului dengan kentongan dulu. Tong tong tong duuuung, suaranya menggema. Sebelum salat Jum'at dilaksanakan ada kutbah. Dalam khutbahnya  Khotib mengutarakan bahwa silaturahmi itu sangat penting ,apalagi sekarang masih dalam.bulan Syawal.. Silaturahmi dapat memperpanjang umur, meluaskan rezeki.

Jamahnya sangat penuh sampai bludag ke serambi dan bahkan ada yang di dekat bedug. Alhamdulillah,saya senang melihatnya .Setelah khutbah selesai dikumandangkan iqomah segera para jamaah meluruskan sof dan mengatur barisan. Kemudian salat Jum'at dimulai.Jamaah segera mengatur diri meluruskan sof untuk segera melaksanakan ibadah salat Jum'at.


Setelah usai dihimbau untuk saling bersalam-salaman sebagai tanda bermaafan diantara para jamaah. Saling memaafkan membuat hidup semakin lapang dan ringan. Kelapangan hidup bisa membuat sehat jaani dan rohani serta melancarkan rezeki. Suara salawat berkumadang diucapkan para jamaah yang sedang bersalaman. Indah sekali bersolawat itu.hati bisa tenang kalau bersalawat.Kemudian jamaah membubarkan diri ,satu persatu meninggalkan masjid itulah ceritaku tentang hari Jum'at  di tanggal 7 Syawal.









Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte