MAIan YUK

 Main yuk




Oleh: Endang S

Tema kali mesti membawa kita pada masa silam, masa dimana kita masih menjadi anak -anak. Dunia anak yang identik dengan permainan dan bermain katanya belajar bagi anak.rasanya sangat senang bisa kembali ke masa itu. Semuanya terlihat mudah tanpa beban dan selalu ceria.

Saat menunggu buka puasa lebih seru bila dilalui sambil main. Biasanya kami main di rumah teman atau ain di halaman rumahku. Ada beberapa mainan yang dimainkan antara lain,   congklak atau dakon. Biji untuk main dakon dari biji asam atau dari kerikil(batu -batuan kecil). Aku paling suka kalau main dakon karena nanti mesti hitung kira -kira berhenti dimana dan berharap bisa mendapatkan biji yang banyak. 

 Kemudian main engkle yang medianya membuat sendiri di tanah atau di ubin. Lalu di ubin atau lantai biasanya menggunakan kapur tulis untuk menggambar medianya. Main tali dengan menggunakan karet yang disambung satu persatu. Senangnya kalau bisa sampai selesai, selesai dalam hal ini talinya tidak tersangkut di kaki. 






Main lempar karet nanti yang bisa masuk pada lingkaran yang ditetapkan akan mendapat semua karet yang dilempar. Wah senang kalo bisa sampai mengumpulkan karet banyak. Terkadang main tebak kata dengan berbagai macam tema. Ada tema kendaraan jadi nanti.yang disebut adalah semua jenis kendaraan dengan ini sial tertentu. Kadang mengambil tema buah -buahan.

Kalau nunggu buka puasa di rumah biasanya mendengarkan dongeng melalui radio RRI. Dongeng itu masih ada yang saya ingat sampai sekarang. Dongeng tentang Ratu Balqis dengan Nabi Sulaiman AS. Dongeng Nabi Ibrahim yang tidak mempan di bakar. Saya paling suka mendengarkan dongeng karena bisa sambil membayangkan  yang didongengkan. Ada juga dongeng si Kancil yang selalu cerdik dengan berbagai cerita.

Pernah juga sepedaan keliling jalan dengan sepeda jangky atau sepeda unta. Padahal anaknya kecil-kecil dan sepedanya besar. Kalau mengingat itu jadi ketawa sendiri. Masa kecil memang selalu bahagia dan inginnya saya kembali kesana.Saat nulis ini jadi pingin kembali ke masa kecil, andaikan ada mesin waktu yang bisa kembali kemasa silam aku ingin jadi penumpangnya.ha ha. Senang sekali menulis ini.


Gresik, 9 April 2023


#NBO2309

Keterangan.

Gambar dari google/IStock



Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte