Meja Makan

 Meja Makan


Oleh:Endang 

Meja makan merupakan tempat istirahat untuk melepas lapar dan haus. Keberadaanya sangat dirindukan oleh siapa pun. Sebab selain untuk melepas haus dan lapar meja makan juga bisa sebagai tempat untuk saling bercerita.Setelah seharian beraktivitas di luar rumah tentu ada banyak peristiwa yang dialami, dan siap dibagikan ceritanya pada keluarga.

Apalagi saat bulan suci Ramadan tiba,meja makan merupakan sumber inspirasi bagi seorang ibu. Di sana tersedia makanan yang akan digunakan saat berbuka puasa maupun saur. Saat puasa meja makan akan bertambah isinya lebih banyak sedikit karena tersedia menu untuk takjil. kalau hari biasa paling menyediakan minuman manis hanya berupa teh hangat, kopi atau susu. Namun saat puasa menu takjil bisa  beraneka ragam, ada kolak, bubur sumsum, es campur .


 Saat saur tiba meja makan menjadi tempat tujuan utama. Seluruh keluarga berkumpul untuk melaksanakan makan saur. Ini tentu kejadian langka dan tidak akan pernah terjadi selain waktu puasa. Waktu saur biasanya menunya lebih simpel dibanding saat berbuka,namun ada kenangan tersendiri. Dengan kondisi yang masih setengah sadar dipaksakan sadar untuk melakukan ibadah makan saur.


Biasanya drama yang terjadi saat membangunkan anak -anak untuk makan saur. Agak susah sih, tapi akhirnya bangun juga. Untuk saur biasanya mereka request makanan yang berbeda. Dan dengan senang hati ibu menyediakannya demi anak -anak agar mau makan saur. Tapi sekarang seiring berjalannya waktu  mereka sudah terbiasa dengan makan saur.Minggu pertama biasanya menjadi perjuangan yang amat berat untuk makan saur.

Itulah cerita meja makan saat berpuasa ,sebagai saksi segala peristiwa. Andaikan meja makan bisa bercerita tentu akan banyak hal yang bisa diceritakannya. Di meja makan tersisa kenangan dan rindu saat nanti telah dewasa. Meja makan akan lebih seru saat berpuasa karena kursi di meja makan akan selalu penuh oleh anggota keluarga.


Saat puasa telah berlalu ,meja makan akan mejadi sepi kala dini hari. Akan mulai rame saat pagi hari dengan segala kesibukannya. Terkadang hanya lewat buat minum dan makan sedikit roti yang diolesi selai kacang karena terburu waktu. Siang hari hanya beberapa yang hadir karena masih ada yang aktivitas di luar. Sedangkan sore hari kadang lengkap kadang tidak. Karena itu Ramadan sangat dirindukan, rindu kebersamaan bulan yang penuh berkah.

Gresik,3 April 2023

#NBO2303

#April

.


Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte