MENU SAUR

 MENU SAUR 




Oleh:Es Setyowatie

Memasuki tantangan pekan kedua diberi pilihan dua opsi, antara membuat video  atau kompilasi foto menu saur.  Akhirnya saya memilih pilihan yang kedua yakni kompilasi foto menu saur. Mengapa saya memilih yang kedua? Karena nanti bila saya gagal masih  bisa memilih opsi satu. Melalui aplikasi canva jadilah kompilasi foto menu saur dan hasilnya ada di slide kedua.Menu saurku hari adalah sayur bayam, dadar jagung, pepes tahu, ayam masak kuning, tahu goreng sambal kecap  dan nasi. Untuk minumnya lebih sering pakai air putih atau air putih hangat.


Selama bulan puasa saya bangun 2.30 untuk menyiapkan makan saur. Bahan-bahan sudah saya siapkan mulai sore terus disimpan di lemari pendingin agar menghemat waktu.Yang harus dimasak fress adalah sayur bayam,dadar jagung  dan tahu goreng. Kalau sambel sudah saya siapkan bersamaan saat berbuka puasa. Pepes tahu dan ayam masak kuning tinggal memanasi saja.



 Sayur bayam itu cara memasaknya sangat simpel sekali.Rebus air sampai mendidih di panci. Kemudian masukkan wortel dan jagung yang sudah dipotong kecil-kecil sampai empuk. Kemudian masukkan bumbu halus terdiri dari  bawang merah ,bawang putih, kunci,garam dan gula  ke dalam panci tadi. Berikutnya tambahkan daun bayam yang sudah dibersihkan, aduklah.Tunggun kira-kira lima sampai sepuluh menit, sayur bayam sudah siap disajikan. Jangan lupa koreksi rasa untuk membuat rasa lebih mantab.Sayur bayam harus selalu baru, tidak boleh dihangatkan karena bisa merusak zat besi yang terdapat pada bayam.Karwna itu bila memasak sayur bayam prediksikan satu kali penyajian langsung habis



Berikutnya menggoreng dadar jagung dan tahu. Adonan dadar jagung sudah siap tinggal goreng karena rasanya lebih  enak kalau di makan hangat. Begitu juga untuk tahu goreng bisa lebih nikmat  bila masih hangat. Disajikan dengan sambel kecap atau di makan langsung. Sedangkan nasi sudah masak sore hari di rice cook. Jam 03.30 makanan sudah siap saji dan makan saur bisa dimulai.Itulah Menu saur yang bisa saya sajikan.Bagaimana dengan menu saur teman-teman?


Gresik, 6  April.2023

#NBO2307


Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte