Pulang Kampung

  PULANG KAMPUNG


Oleh :Endang S


Saat menjelang lebaran pulang kampung bisa diartikan mudik. Pulang kampung mempunyai keistimewaan tersendiri. Setelah sekian lama bergelut dengan aneka aktifitas bisa bekerja atau menuntut ilmu di rantau. Segunung kerinduan telah disimpan dalam hati dan siap meleleh saat tiba di kampung halaman.


 Banyak keunikan yang terjadi saat mudik. Jauhnya jarak, biaya transportasi, antrian panjang, berdesak desakan saat di terminal, stasiun, pelabuhan maupun bandara. Di terminal penumpang bus antar kota berlomba masuk dalam bus untuk berebut tempat duduk. Di stasiun para pemudik menunggu kereta yang datang untuk mengangkutnya  dan siap merayakan lebaran. Di pelabuhan orang yang akan melakukan perjalanan  antar pulau segera memasuki kapal siap membawa mereka ke tempat tujuan. Pemudik yang akan melakukan perjalanan antar kota , pulau bahkan antar negara telah memadati bandara. Calon penumpang  bersiap menunggu pesawat landing maupun take off


Semua kesulitan dalam perjalanan seakan sirna. Ketika  wanginya aroma ilalang, hijaunya tanaman serta indahnya bunga-bunga kertas menyambut kedatangannya. Semringah di wajah tergambar saat menghirup udara kampung halaman. Senyum tulus orang tua, sanak kerabat dan tetangga  menjadi penyejuk jiwa yang dahaga. Bagaikan aroma surga penuh kedamaian. 


Pulang kampung saat lebaran telah menjadi tradisi di negara kita dan budaya ini akan terus berjalan.  Selamat datang di kampung halaman. Selamat bertemu dengan teman-teman lama.Selamat merayakan Idul Fitri bersama keluarga dan cahaya lebaran akan senantiasa membawa bahagia.

Kampung Halaman

Oleh :Endang

Dalam ingatan yang tak kunjung padam 

Terukir.dalam.setiap.langkah

 Dalam pelukan gundah yang kian merambah

Tersapu oleh sejuknyanembunpagi yang membasahi rerumputan


Semua tampak indah berseri seperti seperti masa silam

Tidak banyak perubahan secara fisik namun secara pemikiran melejit

Rinduku akan terbayar kala senja menatap genting genting kaca

Mudikku sangat istimewa

Bertepatan dengan bertambah usia

Dekapan kalbu memberi salam

Selamat berhari jadi

Langka namun fakta ada

Pepohonan menjadi saksi peruhan ini


Gresik, 19 April 2023

#RWCODOP2327

#OneDayOnePost

#PulangKampungkesulitan dalam.perjalanan

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte