TAKJIL ANDALAN DI DAERAHKU

 TAKJIL ANDALAN DI DAERAHKU 



Oleh :Endang S

Takjil untuk berbuka puasa mesti yang manis dan segar.Tujuannya agar mudah diserap oleh tubuh untuk mengkondisikan  segera pulih. Sehingga siap untuk beraktivitas kembali. Aneka takjil  seperti es campur,es coctail, es pisang hijau, kolak dan bongko kopyor mudah didapat saat puasa Ramadan tiba.

Sebenarnya takjil di setiap daerah ada kemiripan atau hampir sama. Akan tetapi pasti ada ciri khas tersendiri. Aku yang berasal dari Madiun kemudian berdomisili di Gresik mencoba akan mengenalkan.khas takjil kedua daerah tersebut. Untuk di Madiun yang sering disajikan saat berbuka puasa adalah kolak pisang atau bisa juga es buah yang isinya pepaya ,nanas dicampur  nata decoco atau bisa diganti juga agar agar. Selain itu ada menu khusus, nasi pecel Madiun. 

Kalau di  Gresik khas takjil bulan puasa adalah bongko kopyor. Saat Ramadan tiba banyak sekali orang yang berjualan di pinggir jalan. Apa sih bongko kopyor itu? Bongko kopyor di buat dari bubur beras di tambah tepung tapioka dimasak dengan santan kemudian dikasih toping mutiara, roti tawar, nangka, pisang, dan kelapa muda  di bungkus menggunakan daun pisang dan disematkan lidi kemudian dikukus.  Rasanya manis, legit dan lumer sangat pas untuk berbuka puasa.  Harganya ramah di kantong,setiap bungkus dihargai Rp.10.000,00. 


Awalnya aku mengenal bongko kopyor dari tetanggaku yang jualan aneka jenis kue secara online. Aku penasaran saja dengan namanya dan tentu saja dengan isinya. Semula saya kira bisa untuk lauk, eh ternyata tidak bisa, walaupun begitu kalau makan satu bungkus saja sudah di jamin kenyang dan tubuh juga akan terasa bugar. Rasa bongko kopyor yang manis dan legit akan susah dilupakan dan selalu ingin mencoba.

Saat Ramadan sangat mudah dijumpai di pinggir jalan. Sehingga kita tidak terlalu sulit untuk mencarinya. Rasanya belum lengkap nih bila ke kota Gresik saat puasa belum berbuka dengan bongko kopyor. Nah, yuk tunggu apa lagi

Itulah takjil andalan di daerahku. Apa takjil andalan di daerah teman -teman?


Gresik, 5 April 2023

#NBO2305

Pic:detik.com

Sumber. detik.com dan pengalaman pribadi



Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte