Toleransi

 Toleransi Dalam Kehidupan 



 

Oleh:Endang S

Toleransi merupakan sikap menghormati, mengerti akan perilaku orang lain terhadap tindakan yang kita lakukan. Toleransi lebih mencuat kepermukaan kala bulan Ramadan tiba. Karena bulan Ramadan diserukan berpuasa bagi hambanya yang beriman. Aktivitas makan dan minum diakhiri mulai terbit fajar hingga adzan magrib berkumandang.


Di Indonesia yang multi etnis juga agama sehingga tentu tidak semuanya menjalankan ibadah puasa. Lantas bagaimana agar semuanya bisa berjalan tanpa kendala? Harus saling men ciptakan situasi yang harmoni di antara sesama. Yang puasa menghormati yang tidak puasa dan sebaliknya yang tidak puasa menghormati yang puasa.


Saya sendiri yang tinggal dilingkungan yang campuran rasa toleransi sangat kental. Yang non muslim sering kali mengatakan maaf bila lupa makan di hadapan kita yang lagi berpuasa.Di situ juga ada para pekerja berat yang tidak bisa menjalankan puasa. Namun mereka tidak makan di tempat terbuka, dan kalau makan selalu dibawa masuk ke proyek.

 Saat lebaran tiba, satu dua tetangga saya yang non muslim memberikan ucapan lebaran dengan mengirimkan bingkisan. Terasa damai bila merasakan semua itu.Toleransi sikap sangat diperlukan dalam kehidupan ini dimana pun berada. Karena ini fitrah sebagai manusia untuk saling menyayangi, memperhatikan , mengungkapkan empati terhadap sesama umat manusia di alam semesta. Namun untuk menjalankan ibadah kita tetap berpedoman pada QS . (109:6) Untukmu agamamu, dan untukku agamaku.

 Kenapa kita berpedoman pada QS.(109:6)? Karena sebagai seorang penganut agama dalam menjalankan ibadah harus sesuai dengan keyakinan yang kita imani dan tidak boleh dicampur aduk. Ini hubungan vertikal antara manusia dengan Penciptanya.Sedangkan dalam hubungan horisontal antar sesama kita diwajibkan untuk saling mengasihi dan menghormati serta saling saling membutuhkan. Kita tidak dapat hidup sendiri sebab kita bisa sebagai makluk sosial sekaligus makluk individual.

Sebagai makhluk sosial toleransi sangat diperlukan karena kita hidup berdampingan dengan orang -orang di sekitar kita tanpa toleransi tentu akan terjadi kekacauan. Dan itu sangat tidak mungkin bukan? Yuk kita jaga dan hidupkan terus toleransi agar tercipta kehidupan yang damai. Demikianlah tulisan saya tentang toleransi, bila ada kesalahan itu semata dari saya mengingat minimnya ilmu saya. Sedangkan kan kebenaran hanya milik.Allah


#NBO2308





Gresik, 7 April 2023










Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte