Mengenal Kehidupan Lewat Bumbuu Dapur

 Mengenal Kehidupan Lewat Bumbu Dapur




Oleh: Endang S

Dapur tempat kita beraktivitas menyiapkan makanan. Apalagi kalau seorang ibu rumah tangga dapur merupakan tempat yang paling sering dikunjungi. Lewat Dapur semua masakan di rumah di sediakan.Meskipun semakin modern dunia rasanya kebutuhan makanan bisa saja kita penuhi dengan membeli  lewat aplikasi atau bisa juga dipesan lewat on line.Sekarang banyak bertebaran grub jual beli.Ada yang lingkup besar dan ada yang lingkup kecil.

Dengan begitu apakah dapur tidak begitu penting dalam era melineal ini? Menurut pendapat pribadi saya,dapur merupakan hal yang penting dalam kehidupan berkeluarga  semideen apa pun zaman. Mungkin dengan kemoderan zaman dapur juga bisa dipakai untuk mengumpulkan pundi -pundi rupiah. Karena alasan tersebut tidak ada salahnya bila kita mengenal bumbu -bumbu dapur.


Bumbu pokok yang harus ada di dapur adalah bawang putih , bawang merah, cabe rawit, tomat, cabe merah besar. Ada juga rempah-rempah seperti, ketumbar ,merica, pala, keningar atau kayu manis,jinten, cengkeh dan masih banyak lagi. Sedangkan empon.empon.yang harus ada seperti , kencur ,jahe,kunci, kunir, lengkuas dan sereh.Sebagian empon -empon bisa digunakan sebagai obat tradisional.Bahkan nenek moyang kita mengenal obat tradisional jauh sebelum obat kimiawi digunakan. Ada juga rempah dapur n seperti daun salam, daun jeruk , daun kunyit.


Aneka bumbu dapur ditangan yang ahli bisa disulap menjadi bumbu yang sedap untuk setiap masakan. Jujur saja awal memasuki dunia rumah tangga pengetauan tentang bumbu dapur sangatlah minim. Namun tidak berarti tidak mengenal sama sekali.  Banyak hal yang bisa kitanpelajari dari  bumbu dapur. Bila kita belum mengenalnya kita bisa belajar dari ibu kita di rumah.

Dalam dunia modern sekarang segala hal dalam kehidupan harus bisa kita cakup.Keterampila dirumahterutama. Kalau zaman dahulu urusan dapur adalah tanggung jawab seorang ibu saja  dan aeorangnayah bertanggung jawab menafkahi keluarga. Tapi dizaman sekarang kondisinya  tanggung jawab dalam rumah tangga dinpikul bersama oleh ibu maupun bapak. Karena sekarang tidak sedikit perempuan yang sudah memasuki dunia kerja.   Jadi mengenal dapur merupakan tanggung jawab bersama.



Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte