Mengenal Rempah Daun

 MENGENAL REMPAH DAUN



Ket gambar:Daun Kemangi yang ditaburkan pada masakan rica-rica 

#dokumentasipribadi


Oleh :Endang S

Indonesia terkenal dengan kuliner yang menggunakan rempah-rempah. Salah satunya adalah  daun. Yang sering digunakan ada tuju macam antara lain daun sereh, daun salam, daun jeruk, daun kemangi, daun pandan, dan daun kunyit. Seperti yang sudah kita ketahui fungsi dari rempah daun sebagai aroma yang membuat masakan lebih sedap. Biasanya digunakan pada masakan yang bersantan, masakan bertumis,dan juga lalapan.

1.Daun Sereh.

Yang digunakan adalah batang serehnya.Biasanya digunakan untuk masakan bersantan seperti opor, kare, soto ayam atau daging, rica-rica. Penambahan sereh membuat masakan jauh lebih enak.Selain untuk bumbu dapur ternyata batang sereh juga bisa digunakan untuk jamu tradisional.biasanya direbus ditambahi dengan empon- empon lainnya. Selain itu juga bisa untuk mengusir nyamuk.

2.Daun Salam

Aroma daun salam yang khas tentu membuat masakan menjadi lebih nikmat.Berbeda dengan sereh yang digunakan untuk masakan bersantan daun salam bisa untuk masakan bersantan dan juga masakan non santan. Sayur asem adalah sayur non santan yang menggunakan rwmpah.daun salam. Daun salam.juga bisa digunakan sebagai obat.


3. Daun Kemangi

Daun kemangi dengan aroma yang khas bisa digunakan untuk lalapan pada nasi pecel, aneka penyetan.Selwin itu bisa juga digunakan untuk penyedap sayur bening

4.Daun pandan

Daun pandan beroroma wangi. Karena itu seringnya .digunakan sebagai aroma segar Bisa digunakan sebagai pewangi di nasi juga sebagai pewangi di aneka hidangan makanan kecil seperti kolak.

5. Daun Bawang.

Daun bawang bisa ditambahkan pada adonan telur dadar dan juga untuk gorengan.

6. Daun jeruk

Yang digunakan untuk rempah daun adalah daun jeruk purut.Buasanya digunakan pada rempeyek, dadar jagung dan aneka adonan gorengan. Sambel pecel juga menggunakan daun jeruk purut sebagai penyedapnya


7.Daun Kunyit

Daun kunyit biasanya digunakan untukasakan yang bersantan 

Itulah mengenal sedikit tentang rempah rempah daun. Rempah daun harganya sangat murah karena itu penyimpanan yang tepat diperlukan agar awet. Biasanya penyimpanan diletakkan wadah yang tertutup kemudian di simpan di lemari pendingin.






Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte