6 Big Why Ngeblog Versiku Untuk Menjadi Seorang Blogger

 6 Big Why Ngeblog Versiku Untuk Menjadi Seorang Blogger

oleh:Endang Setyowati 




 

Apa itu big Why? Big Why merupakan alasan kuat seseorang untuk melakukan sesuatu.Kalau Big Why Ngeblog berarti alasan kuat seseorang untuk menulis di blog. Tentunya banyak alasan yang bisa dipakai mengapa menulis di blog . Setiap orang akan sangat bervariasi untuk mengemukakan pendapatnya tentang big why. Saya sendiri pertama kali mengenal blog kala bergabung dengan komunitas ODOP dan suatu keharusan memiliki blog karena tulisan yang dihasilkan mesti di publish di blog. Jadi ceritanya awal mengenal  blog karena desakan harus mempunyai blog. Karena blog merupakan kewajiban yang harus dimiliki.


Ngeblog identik dengan menulis dan membaca. Kedua  kegiatan tersebut merupakan  satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.Tak bisa dipungkiri ngeblok juga berinteraksi dengan dunia digital. Itu artinya kita akan bertemu dengan  banyak orang baik yang sudah dikenal di dunia nyata maupun yang hanya kita kenal lewat sapaan internet saja.

Berbicara tentang berinteraksi di manapun berada baik di dunia nyata maupun di dunia digital ada satu hal yang perlu dipegang yaitu adab. Seperti yang di berikan Kak @Nimas Iksani saat memberikan materi  sinkelaa Oprec OBS bahwa adab sangat penting, ada adab untuk menuntut ilmu dan ada pula adab untuk ngeblog.


Dalam menulis  ada satu hal yang perlu dijadikan pedoman yaitu rutin dan disiplin  namun ada kalanya kita  berbenturan waktu dengan kegiatan lain sehingga menulis hanya sebagian  wacana saja dan tidak terealisasikan.Ada kalanya bisa merealisasikan namun kita mengalami writer block sehingga tertunda. Bila .hal.terrsebut menghampiri kita, berhentilah sejenak dan bertanya pada diri dulu apa tujuan menulis. Untuk mengatasi masalah tersebut  big Why sangat perlu. 


Kalau menurut versi saya pribadi ada 6 big Why ngeblog 

6 Big Why Ngeblog Versiku





1.Niat

Niat sangat penting karena niatlah yang akan membawa sesuatu bisa sukses sampai tujuan atau bahkan sebaliknya. Karena itu tatalah niat dengan baik sebelum memulai aktivitas apa pun.Niat akan mempengaruhi hasil.


2.Hobi

Menulis merupakan pekerjaan yang memerlukan ketekunan dan kerutinan. Dua hal tersebut kadang bisa  menimbulkan kebosanan. Akan tetapi bila menulis dengan dasar kesenangan atau sudah menjadi hobby maka rasa jenuh akan bisa diatasi. Bahkan saat menulis kadangbtidaj terasa dan mengalir begitu saja. 


3.Menyelaraskan  Pikiran Dengan Tindakan.

Pernahkan kita dalam pikiran  akan melakukan sesuatu tetapi tindakan yang dilakukan tidak sesuai dengan yang dipikirkan. Ituterjadi karena pikiran dan tindakan tidak selaras. Menulis akan membantu menyelaraskan .Karena dalam menulis  antara otak  dan panca indera akan selalu  selalu bekerja sama untuk menghasilkan sebuah tulisan. Mata yang berfungsi untuk melihat  objek  kemudian otak merekamnya kemudian diteruskan oleh tangan untuk menuliskannya. Demikian  pula saat mendengar sebuah bunyi ,telinga akan menangkap  suara dan direkam oleh otak dan tangan siap untuk mengekspresikan lewat tulisan.

Bila hal ini terus menerus tentu akan menciptakan suatu habit yang baik dan teratur sehingga pikiran dan tindakan akan selalu selaras. Ini akan menciptakan pola hidup yang sehat


4.Mengenal Diri Sendiri.

Rasanya aneh ya kalau kita mengenal diri sendiri. Mungkin ada yang mengatakan kok sama diri sendiri tidak kenal? Maksudnya bukan mengenal nama diri tetapiengwmal.aecara lebih mendalam tentang diri kita. Semisal apa kelebihan kita ,apa kekurangan kita, apa kemauan kita.. Dengan menulis bisa menggali semua kemampuan yang  ada..Ketika sudah mengenal kepribadian kita sendiri banyak keajaiban akan timbul. Karena kita bisa mengatur segala keperluan kita berdasarkan prioritas sehinggap kerjaan  tidak tumpang tindih dan bisa diselesaikan dengan bijak.


5. Berbagi Informasi

Sebuah tulisan bisa dibaca oleh banyak orang tanpa mengenal batas waktu dan tempat. Tulisan kita bisa saja si baca oleh teman kita yang berada diluar jangkuan kita. Sedangkan sebuah suara hanya bisa ditampung dalam satu ruangan yang sangat terbatas. Bisa jadi informasi yang disampaikan saat kita berbicara tidak bisa diterima.swauai dengan harapan kita .Ada beda pandangan dalam mengartikan juga mendwnrkan  saat menangkap.informasi yang diberikan lewat percakapan.

Bila kita menulis dan tulisan kita  upload si blog dan kita publish maka ada kemungkinan tulisan itu bisa dibaca  oleh banyak orang dan bisa menjadi manfaat dan juga bisa diterima dengan baik. Karena tulisan bisa dibaca berulang -ulang.

Tidak hanya itu ,menulis di blog akan memudahkan kita untuk mencarinya kembali saat berita tersebut diperlukan


6.Bonus Ngeblog.

Apakah yang dimaksud dengan bonus ngeblog? Ini istilah saya saya sendiri dan yang dimaksud adalah hal hal ya g menguntungkan dari blog yang kita tulis.Keuntungantidak.hanya berupa finansial meskipun tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan nya. Namanya juga bonus,baru akan keluar bila kita mengerjakan dengan baik dan benar disertai kesungguhan. 

Kesungguhan disini kita rutin menulis , rutin membaca karena membaca dan menulis sudahwnjasi.satu kesatuan tidak bisa dipisahkan seorang penulis pasti diikuti dengan membaca. Dengan membaca banyak sekali informasi yang bisa kita gali. 

Membaca tidak hanya dari buku tetapi juga bisa dengan yang ada di sekitar kita. Yakni dengan mengaktifkan indera perasa.Kita bisa menangkap sebuah ide yang bertebaran disekitar kita bila kita  mempunyai rasa yang peka terhadap lingkungan. Dengan empati yang kita miliki .rasa perduli kita akan semakin tumbuh.

Itulah sekelumit tentang 6 big Why yang saya tulis semoga bisa bermanfaat  dan menjadi ladang amal. Yuk happy ngeblog sampai jumpa dengan artikel yang lain .





#obs2023

#Odopbloggersquad

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte