Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

Mengapa Niche  Blog Sangat Perlu?



Oleh :Endang Setyowati

Jumkat 894

Bila ingin menulis di blog jangan lupa mulailah menggunakan Niche. Memangnya kenapa bila tidak memakai Niche.  Kita bisa saja langsung nulis di blog karena pada hakekatnya  bebas untuk menulis konten apa saja di blog tidak berbatas. Setiap jenis tulisan di tulis dalam blog jadi dalam satu blog banyak sekali aneka tulisan .

Lalau mengapa harus menghadirkan Niche dalam blog? Senarnya apa itu niche blog. Niche blog adalah tema atau topik yang dibahas dalam suatu blog. Jadi sudah kebayangkan pentingnya sebuah Niche. Akan tetapi ada kalanya  blog yang kita buat berisi berbagai jenis tulisan atau istilahnya  Niche life style atau gado-gado.

 Beruntung mengikuti kelas Oprec OBS karena di dalamnya dipersiapkan bagaimana cara menjadi blogger  yang santun. Untuk persiapan itu telah diberikan materi seputar blog dan adab menjadi seorang blogger oleh Mbak Nimas Iksani Iksani. Ada juga Pak Yonal Reagen, beliau menjelaskan materi  betapa  niche itu sangat penting. Tentunya dalam pikiran kita sudah terbayang  Niche apa saja yang menguntungkan  untuk di tulis dalam blog. Serta  kelebihan apa bila menggunakan Niche dalam ngeblog. 


Berikut Adalah Keuntungan Menggunakan Niche  dan Rekomendasi Niche Blog Yang Menguntungkan.

Keuntungan Menggunakan Niche Blog 



Bila kita sudah menentukan Niche dalam blog akan ada beberapa nilai tambah atau keuntungannya saat tulisan  kita sudah dipublish. Keuntungan itu antara lain

1. Akan lebih fokus

Saat topik pembahasan sudah ditentukan maka tulisan akan lebih terarah sehingga tujuan yang akan kita sampaikan bisa diterima dengan baik tanpa melebar kemana -mana. Ketika tulisan kita jelas dan terarah maka pembaca pun akan bisa menyerap informasi dengan baik.

2.Bisa Dikenal sebagai ahli

Pemakain nice tertentu akan bisa dikenal sebagai ahli dalam niche tertentu dan memudahkan user untuk mengenalnya. Tulisan- tulisan di blog tersebut bisa digunakan sebagai referensi.oleh pembaca.

3.Lebih Mudah di Monetisasi Oleh Pemilik Iklan 

Saat Niche blog sudah dikenal maka  produk yang akan meminta pada kita untuk mengendorse produknya.


4.Meningkatkqan CTR Iklan


Saat nice blog sesuai dengan iklan yang ditayangkan maka akan banyak yang meng klik  ikan tersebut.Sehingga penggemar iklan akan bertambah terus. Ini sangat menguntungkan dan bisa sebagai tambahan penghasilan.


Menentukan Niche Blog




Tentunya bagi pemula akan kebingungan dalam menentukan Niche blog mana yang akan dipilih. Semoga  keterangan ini akan sedikit memberi gambaran bagaimana menentukan Niche blog.

1.Sesuaikan Topik Yang Dikuasai dan Disukai

Apabila kita menulis sesuai dengan rasa suka  dan bisa menguasahi juga, tentu akan mudah mengeluarkan ide -ide yang dimiliki. Semisal kita  hobby olah raga renang tentu kita akan bisa menulis seputar renang.dengan lancar tanpa pengghalang


2.Topik Yang Paling Populer

Memilih topik yang paling populer tentu akan menyedot pembaca karena ingin tahu lebih banyak  informasi. .Akan tetapi perlu diperhatikan jangan yang populer sesaat tetapi populer yang mempunyai jangka panjang.


3.Lihat Peluang Untung Niche Blog


Kenali dan cari info apakah Niche yang dipilih berpeluang untung apa tidak. Ada Banyak peluang untuk menghasilkan uang lewat blog antara lain.

*Menggunakan Gogel Adsense

* Menjual produk

* Menawarkan jasa konsultasi

*Mengikuti afiliasi

Ternyata menarik sekali dari Niche blog yang kita kelola.Tidak hanya membuat kita berpandangan luas tetapi juga bisa membuat isi dompet bertambah tebal. Tentu untuk bisa sampai di titik itu membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Mesti bisa mengurai masalah yang menghadang agar bisa sampai tujuan.


Rekomendasi Niche Blog

Setelah kita menentukan  Niche blog ada juga rekomendasi yang bisa dicoba untuk membuat Niche blog.


1.Finance

Masalah keuangan tidak akan pernah berhenti seiring dengan berputarnya kehidupan di dunia. Semua akan memerlukan nya baik anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua.Bisa saja menulis tentang bagaimana cara menabung bila penghasilan hanya pas-pasan. Bagaimana cara mengatur keuangan agar bisa membeli rumah dalam usia produktif.  Bagaimana cara menabung untuk persiapan hari tua.

2.Kuliner.

Siapa yang tidak mengenal.kuliner? Saya kira tentu semua yang ditanya akan menjawab "mengenal kuliner."Bisnis kuliner tidak akan pernah mati akan terus berkembang mengikuti perputaran zaman.Yang bisa kita tulis pada Niche ini bisa tentang resep masakan. Bisa juga kita mereview sebuah masakan untuk dikenalkan pada pembaca.Menawarkan jasa pengiriman makanan,   bukankah sekarang lagi marak jual beli online. Jual beli online memerlukan kurir untuk mengantarkan  barang yang dipesan customer.

3.Parenting

Dalam parenting sangat luas cakupannya,tidak akan habis ide -ide yang bisa digali dari parenting. Semisal masalah hubungan harmonis antara pasangan baik keluarga muda maupun pasangan senja. Hubungan antara orang tua dan anak. Permasalahan  anak anak dengan teman  sebaya. Bagaimana mengatasi anak yang sering tantrum. Menulis parenting sangat menyenangkan dan  bisa  jadi tulisan itu menginspirasipara pembaca .

4.Wisata dan Travel

Wisata dan travel satu paket yang tidak bisa dipisahkan keduanya saling ketergantungan satu sama lain. Kita bisa menulis pengalaman kita saat mengadakan wisata keluarga. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat berwisata sehingga kita bisa menikmati hari libur yang berkualitas dan memaknai  berwisata

Bisa juga kita mereview tempat wisata untuk memberikan informasi pada pembaca. Mengenai travel bisa kita tulis bagaimana cara termudah mendapatkan akses ke tempat wisata.

5.Teknologi

Teknologi salah satu kebutuhan dalam jangka .panjang dan akan terus berkembang. Banyak hal yang kita bisa tulis mengenai teknologi termasuk teknologi  tepat guna. Bisa juga menggali teknologi informasi yang terus mengalami perubahan dan perkembangan.

6. Kecantikan

Kecantikan tidak akan pernah berakhir. Untuk kaum hawa berapapun usianya pasti ingin terlihat tampil rapi dan sehat.Disini bisa saja menulis tentang bagaimana merawat kulit agar tetap terlihat segar.Bisa juga menulis tentang diet untuk melangsingkan badan.

Tentunya setelah kita mengetahui tentang nihce blog, yuk siapkan untuk membuat Niche blog dengan mengadakan pengamatan di sekitar kita yang bisa dikuasai dan disenangi. Semoga bermanfaat

Gresik, 26 Juli 2023

Sumber:niagahoster.ci.id













 

.



Comments

Popular posts from this blog

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte