Perjuangan Seorang Blogger

 Tema: Kenapa Sih Pingin Jadi Blogger 

Perjuangan Seorang Blogger 

Oleh: Endang Setyowati 



Setelah menjadi member odop ada beberapa program Odop salah satunya adalah OBS (ODOP Blogger Square) . Apa itu blogger? Blogger merupakan orang yang menulis di blog begitulah makna yang kudapat saat googling di internet. Pertama mengenal blog saat mengikuti Oprec ODOP, waktu itu  Oprec ke-7. Mempunyai blog merupakan persyaratan yang utama ,karena blog tersebut akan digunakan untuk menulis  selama masa Oprec. Saat.itu bila ada yang belum mempunyai blog maka harus membuat blog dulu.dan di bimbing oleh Kak PJ

Blog merupakan hal baru bagiku, sehingga  saat itu merasa senang sekali bisa membuat blog dan akhirnya dijadikan tempat untuk meletakkan tulisan -tukisan kita.Tulisan bisa sebebas apa yang diinginkan tanpa batasan oleh batasan yang mengingat dengan mengikuti kaidah yang benar. Sehingga kita bisa nyaman menulis di blog. Semangat menulis saat itu membara, tanpa terasa sudah banyak tulisan di blog pribadi dengan berbagai tema.Tiada hari tanpa menulis sesuai dengan yang tersurat di odop yakni one day one post.


Seiring berjalannya waktu setelah menjadi member Odop, semangat menulis semakin luntur sehingga blog yang dulu sering di kunjung menjadi sepi. Hasil yang bisa dilihat blob nya menjadi suwung dan banyak sekali sarang laba -laba di sana. Ternyata menulis itu membutuhkan support dari orang -orang yang mempunyai visi dan misi yang sama. Untuk menemukan orang yang sefrekuensi  maka  mesti bergabung dengan grub kepenulisan.


Pasang surut menulis tidak diragukan lagi.Terkadang bisa saja diserang penyakit  yakni writer. Tentu saja kita harus mengupayakan untuk bisa mengatasi writer blog. Mendengarkan musik,.keluar dari rutinitas untuk mencari ide -ide segar. Sejenak barangkali kejenuhan akan segera sirna dan siberkas cahaya.akan datang  bagi dirinya.sehingga semangat juang untuk menulis tetap stabil dan berkobar. Bila mengatasi kebuntuan dalam menulis sudah bisa diatasi langkah selanjutnya tetap menjaga semangat untuk menulis.


Sangat bersyukur sekali bisa mengenal dan masuk didalam komunitaa Odop karena di sini menemukan orang -orang yang hebat dan piawi dalam menulis. Satu lagi meskipun mereka mempunyai segudang prestasi di dalam menulis akan tetapi tetap mempunyai pribadi yang rendah hati dan sangat santun kepada sesama


Banyak diantara senior di Odop yang bisa menghasilkan finansial dari menulis. Dan ini sangat keren dan menarik sekali. Bagaimana mungkin menulis bisa menghasilkan pundi pundi rupiah? Hal yang mustahil bisa saja menjadi mungkin bila  sesuatu dikerjakan secara terus menerus atau Istiqomah. Menulis termasuk di dalamnya. Belajar dari para senior tersebut ternyata menulis bisa menghasilkan pundi pundi rupiah. Kendati tidak semua tulisan bisa menghasil rupiah karena mereka menulis  untuk memberi kepuasan batin dan merasa sangat bahagia bila tulisannya bisa menginspirasi bagi sesama.


Pada hakekatnya menulis bisa merupakan sebagai obat kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Menulis juga bisa menumbuhkan rasa empati terhadap sesama karena mereka bisa perduli terhadap apa yang dirasakan oleh mereka baik kegembiraan,kesuksesan ataupun sebaliknya berupa kesedihan. Itu semua bisa dirasakan kalau kita rutin menulis setiap hari.


Untuk bisa menulis yang teratur dan terarah mengikuti komunitas menulis  sangat dianjurkan karena kita bisa sama-sama saling memberi motivasi sehingga saat kita merasa kendor semangatnya bisa menjadi bangkit kembali. Keinginan  untuk rutin menulis bisa terwujud dengan bergabung  dalam  wadah OBS yang di bina oleh senior-senor di ODOP. Tanpa bergabung di komunitas  menurutku akan kurang  pas karena manusia cenderung untuk menunda pekerjaan dengan "nanti sajalah" dan akhirnya banyak target yang terbengkalai. 


Kiranya sangat tepat bila menjadi seorang blogger karena ada tuntutan setiap hari mesti menulis di blog serta ada DL yang mesti ditaati kalau tidak ingin sia+sia dengan apa yang sudah direncakan. Ketertiban kejujuran dan  dan ketekunan akan membuahkan hasil yang luar biasa. Perjuangan dan usaha tidak akan mengkhianati hasil.


Gresik,14 Juli 2023








 














Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte