ODOP BLOGGER SQUAD

 ODOP BLOGGER SQUAD






Oleh:Endang Setyowati

Apa Itu ODOP Blogger Squad?

ODOP Blogger Squat atau disingkat OBS merupakan kumpulan blogger yang telah lulus menyelesaikan tantangan menulis selama  dua bulan lebih di komunitas ODOP. Ada 49 Blogger mulai  angkatan ODOP Bacth 1 sampai Batch 8 yang telah terbentuk, kemudian dihimpun dalam satu wadah WAG OBS (Maret 2021, gogel). Kalau setiap.tahun ODOP mengadakan OPREC, tentunya sekarang sudah bertambah jumlah blogger .

Aktivitas utama blogger adalah menulis di blog, dan tentu saja tidak hanya sekedar menulis. Karena itu ada yang ngeblog dan bisa mendatangkan cuan tetapi ada juga yang ngeblog bertahun tahun tidak mendapatkan apa-apa kecuali memberikan salam tempel untuk membeli domain. Nah disinilah akan dipelajari seluk beluk tentang blok dengan segala permasalahannya.

Selain teknis menulis di blog, Odop Blogger Squad juga diajarkan adap atau etika dalam berinteraksi di media sosial khususnya di blog. Mbak Nimas Akshani telah menerangkan panjang lebar bagaimana cara beretika dalam blog. Jadi tidak diragukan lagi peserta yang telah lulus  akan mempunyai kemampuan yang bisa diandalkan baik dari segi etika maupun dari ilmu menulis.


 Pengenalan Tentang Blog 

Sebelum menulis di blog seseorang harus mempunyai tujuan dan alasan yang kuat  atau disebut juga Big Why ngeblog. Karena kita tahu setiap perjalanan jenis apapun pasti ada pasang surutnya. Akan tetapi ketika dalam diri sudah ada tujuan dan alasan yang kuat maka segala bentuk aral melintang akan bisa diatasi dengan baik.

Tahap berikutnya adalah mengenal Niche dalam ngeblog. Niche sendiri merupakan topik utama atau bahasan dalam blog.Setiap blogger  akan mempunyai topik yang berbeda beda tergantung pada hobby atau pilihan topik , seperti parenting, kesehatan , kecantikan dan lain lain. Niche juga akan mengarahkan tentang tulisan kita yang saling berkaitan satu sama lain dalam.awbuah blog.

 Pengenalan Dasbor blogger juga diberikan dengan tujuan agar memahami bagian bagian blog juga fungsinya.  Ada yang namanya halaman yang berfungsi untuk pengenalan diri seorang blogger kepada para pembacanya. Sekaligus bisa dipakai sebagai branding diri ingin dikenal sebagai apa. 

Tentunya setelah kita mengenal blog pasti terlintas dalam pikiran bagaimana cara menulis yang baik di blog. Selain kaidah penulisan sesuai dengan EYD diperlukan pula strategi menulis untuk mendapatkan hati gogel. Berharap artikel kita masuk dalam one page. Untuk mencapai itu kita perlu belajar SEO.



Mengapa SEO Sangat Perlu Dalam Blog?


Keterangan:upload dari mbak Jihan

"Belajar ngeblog idealnya juga belajar tentang SEO," itu  yang disarankan Mbak Jihan Mawadah saat memberikan materi  di kelas OPREC ODOP Blogger Squad. Apa sebenarnya SEO itu?

 SEO atau (Search Engine Optimation) adalah upaya mengoptimalkan website agar berada diurutan satu mesin pencarian. Kenapa mesti berada diurutan pertama? Ini berkaitan dengan fungsinya SEO antara lain:

*Mendapatkan banyak pengunjung.

Karena secara tidak langsung ketika seseorang mencari keyword tentu akan melihat yang pertama kali muncul kemudian baru scroll kebawah. Itupun dengan catatan.punya waktu banyak. Bagi yang terbatas waktunya tentu halaman pertama menjadi andalannya. Karena itu SEO bagi seorang blogger sangatlah penting.


*Mendapatkan traffic yang tepat

 traffic yang tepat tentu sangat menguntungkan  karena blog kita semakin dikenal pengunjung


*Branding

Branding merupakan jalan kita untuk dikenal orang lain baik dalam dunia nyata maupun maya. SEO yang kita terapkan  akan membantu mewujudkan  branding yang kita impikan


 Penerapan SEO dalam menulis artikel


Odop Blogger Squat  tempatnya berlatih menulis artikel. Membuat artikel tidak asal menulis kemudian diposting. Akan tetapi kita juga harus mencari strategi supaya tulisan  bisa berada pada halaman utama. Apa Yang harus dilakukan untuk mencapai impian tersebut? 

Yang harus dilakukan adalah

*1.Riset Keyword

Saat melakukan riset keyword kita akan dihadapkan  banyak pilihan yang menginspirasi. Dari situ wawasan akan terbuka dengan sendirinya.


*Penyebaran KeyWord

Key word harus disebar merata tidak terpusat dalam satu titik. Tempat penyebarannya ada di *Judul

*Heading

*Sub heading

*Paragraf awal

Paragraf akhir.

Banyaknya keyword dalam artikel adalah 1% dari jumlah kata yang telah disepakati. Jadi misal jumlah kata sebanyak 700 kata maka keyword sejumlah 7 yang diletakkan menyebar pada seluruh bagian artikel.



*2.Gunakan FAQ di gogel dari keyword yang telah digunakan.

*3.SEO memang untuk mempermudah pengindekan di mesin pencarian,tetapi SEO juga butuh sentuhan untuk enak dibaca oleh pengunjung.

Jadi SEO ibarat sebuah seni yang bisa luwes masuk dalam mesin pencari tetapi juga bisa terkesan enak di hati pembaca.

*4.Buat artikel pendukung untuk mendongkrak artikel utama yang dioptimalkan.

Jadi SEO sebagai kunci utama ketika belajar ngeblog dan memegang peranan yang sangat penting. Itulah alasan kenapa SEO mesti dipelajari bersama dengan saat belajar ngeblog. Komunitas ODOP telah memfasilitasi membernya untuk senantiasa mengasah kemampuan mengolah blog sehingga skill dalam ngeblog akan senantiasa berkembang.

Demikianlah sekilas tentang ODOP Blogger Squad yang diprakarsai oleh komunitas ODOP. Semoga bisa membawa manfaat yang berarti bagi para blogger di dalam interen komunitas maupun diluar komunitas. Semoga dunia literasi akan senantiasa berjaya dengan selalu bertambahnya blogger yang dilahirkan komunitas ODOP 


Metadeskripsi 

Odop Blogger Squat tempatnya para blogger untuk belajar ngeblog.Disana tidak saja diajari cara menulis yang benar tetapi juga bagaimana menerapkan etika atau adap dalam menulis. Jadi seorang blogger yang telah dilahirkan  komunitas ODOP sangat berkualitas dan sangat mumpuni.


Gresik, 5 Agustus 2023

#obs2023

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte