DAUN PANDAN WANGi

 Daun Pandan Wangi, Bahan Tambahan Makanan




Oleh: Es Setyowatie

Para pecinta kuliner Indonesia  tanaman pandan wangi tentu tidak asing lagi dan sangat familier. Aromanya yang khas banyak digunakan untuk  bahan tambahan makanan. Mulai dari minuman tradisional, kuwe tradisional  juga untuk penambah harum pada saat  menanak nasi atau mengukus ketan yang diolah untuk jajanan tradisional. Oleh karena itu ingin sekali berbagi tulisan tentang daun pandan wangi yang difungsikan untuk makanan, minuman bahkan untuk mempercantik tampilan kue.


Pandan Wangi yang  nama latin (pandanus amaryllifolini) sering kita jumpai di pekarangan rumah.  Tanaman  berdaun memanjang ini berasal dari kepulauan  di lautan Pasifik. Jenis  tumbuhan monokotil dari famili pandanaceae yang memiliki daun beraroma wangi yang khas sehingga sering digunakan untuk bahan tambahan makanan. Penyebarannya selain di  Madagaskar di  Indonesia pun berkembang pesat.katena sangat mudah menanamnya.


 


Indonesia yang kaya akan kuliner jajanan tradisional banyak memanfaatkan daun pandan sebagai bahan tambahan. Manfaat Daun Pandan untuk Makanan dan minuman


1.      Sebagai aroma wangi


2.      Sebagai Pewarna Alami


3.      Mempercantik tampilan kue.


4.      Menghilangkan bau tidak sedap pada beras.


1.Sebagai Aroma Pewangi


Ada beberapa  minuman jika saat pengolahan ditambah daun pandan bisa memberikan  aroma wangi yang khas. Seperti membuat sari kedelai, kolak, merebus santan atau gula merah yang digunakan untuk membuat dawet.


 


2. Sebagai Pewarna Alami.


Daun pandan yang berwarna hijau bisa digunakan sebagai pewarna alami dikombinasi dengan daun suji. Biasanya digunakan pada kue tradisional seperti klepon, dadargulung, cendol, naga sari dan lain-lain.


 


3. Mempercantik Tampilan Kue.


Penyajian kue tradisional akan semakin cantik dan menawan bila disematkan guntingan hiasan daun pandan. Penyajian yang menarik akan menambah poin kue tradisional..


 


4. Menghilangkan bau kurang Sedap Pada Beras.


Ada kalanya stok beras yang kita miliki bila ditanak mengeluarkan aroma kurang sedap(apek).Bau apek tersebut bisa berubah menjadi wangi dengan cara menambahkan daun pandan saat proses  menanak nasi.


 


Itulah beberapa manfaat dari daun pandan untuk makanan. Manfaat lainnya  bisa dipakai untuk kesehatan. Dilain kesempatan semoga bisa menulis manfaat daun pandan untuk kesehatan.


 


Gresik, 12 Januari 2024

-------------------------------------

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte