Cerita Tentang Maret 2024

 Cerita Tentang Maret


Ada saja cerita tentang bulan Maret. Sebuah event bernama SEMANGKA kepanjangan dari Semarak  Merangkai  yang tulisannya diposting melalui akun Instagram. Event ini berlangsung mulai 1--- 15 Maret  2024. Alhamdulillah bisa sampai tuntas itu artinya bisa menjadi finisher.Senang bisa sampai finish rasa senangku akan kubagikan tulisanku di web  insyaalah swtiap hari tiga tulisan




 Kunang-kunang Yang Memudar


Karya: Es Setyowatie


Senja merambah menyambut malam, mega-mega berarak ke tempat peraduan. Perputaran siang menuju malam telah usai dan mentari betul- betul telah tenggelam. Gulita menguasai   bentala sedangkan bintang berkerlip di angkasa. Malam ini bulan berbentuk tandan tua karena sudah sampai pada peredaran yang terakhir. Jalan pun gelap akibat listrik padam.


 


 Aku melalui jalan yang  kanan kirinya merupakan kebun pisang. Agak merinding terlibat dalam suasana lengang, sesekali terdengar suara jengkerik bersautan memecah keheningan malam. Biasanya aku berjalan dengan teman tetapi   malam ini sendirian  karena dia berhalangan. Dalam ketakutan kulihat cahaya beterbangan dari balik pohon pisang sebagian  hinggap di pucuk rumput ilalang. Oh, itu kunang-kunang dan aku senang bukan kepalang


Sesaat ingatanku melayang di masa kecil puluhan tahun silam saat keluar malam bersama teman. Bermain petak umpet sembunyi di kebun banyak menjumpai kunang  kunang  yang terbang. Bahkan ada yang sangat dekat denganku seperti dikelilingi   kunang kunang. Aku bagaikan seorang putri bertabur cahaya di sebuah kerajaan.


 


Tiba-tiba listrik menyala jalan berubah menjadi terang benderang. Hatiku senang tetapi cahaya kunang kunang memudar. Aku bergegas pulang dengan pikiran berkelindan. Pertanyaan seputar kunang kunang masih ada atau sudah hilang. Ternyata  kunang kunang tidak pernah lesap  hanya cahayanya memudar sebab bersaing  dengan lampu jalan.


Gresik, 1 Maret 2024.

#semangkawriter

#semangka3_001


Jika ada keajaiban berupa portal ajaib yang bisa meloloskan permintaan,  bisa mencipta kamu terlahir kembali sebagai apa pun dan di mana pun. Kamu ingin jadi siapa? Wah seperti Doraemon dengan kantong ajaibnya. Seru sekali!


 


Jika ada kesempatan terlahir kembali aku ingin menjadi tokoh kartun serial Tom and Jerry. Aku menjadi Tom sebagai kucing. Apa yang menarik dari Tom and Jerry? Sisi menariknya  walaupun mereka saling berselisih i tetapi pada akhirnya rukun kembali.


  

Tapi kali ini nama kucingnya Kitty. Bulunya berwarna orange, sosok induk yang hebat. Ia pandai berburu menangkap burung juga tikus. Kasih sayang pada anaknya patut diacungi jempol. 


 


Setiap kali mendapat buruan selalu diberikan pada anaknya lebih dulu dengan memanggilnya meong-meong. Tak menunggu lama anak-anak datang. Selanjutnya Induknya menunggu anaknya yang sedang makan.  Sebuah momen yang sangat mengesankan


 


Yang lucu saat  bermain bersama induknya  yang mengerakkan ekor. Kemudian anaknya meloncat-loncat mengikuti  arah gerak ekor sampai kadang ekor digigit oleh anaknya. Kalau sudah begitu biasanya induknya mengeong keras  dan memberi peringatan 


 

Tingkah anaknya mengemaskan kalau lagi main dengan gulungan benang. Mereka saling memberi umpan. Berkejaran lalu bersembunyi di balik pintu.


 

Menarik sekali  saat diantara mereka mengungkapkan kasih sayang, anaknya duduk mengelilingi induknya ,kemudian dengan lidahnya ia membelai bulu bulu anaknya. Satu lagi yang membuat adem anaknya merespons kasih sayang induknya dengan cara yang sama.


 


 Kelebihan lainnya semenjak ada Kitty di rumah tikus-tikus pada berhamburan ketakutan. Jadi rumah bersih bebas dari tikus Terima kasih Kitty untuk semua usahamu.


Kini aku meluncur keluar dari portal  dan menjadi diriku kembali. Ada titik bahagia saat berperan  menjadi Kitty. Kehadirannya  dibutuhkan dan hidupnya memberi manfaat untuk lingkungan.Andai saja ada portal ajaib, atau kantong ajaibnya Doraemon di alam nyata,  apakah ada dampaknya?


Gresik,2 Maret 2024

#semangkawriters

#semangka3_002


Pohon Jeruk Purut


Oleh: Es Setyowatie


“Bu, boleh minta daun jeruk purut?” tanya Bu Mira tetanggaku


“Silakan ambil Bu,” jawabku


Daun jeruk purut itu biasanya digunakan sebagai rempah daun( bumbu untuk memasak). Pohon jeruk itu tumbuh subur di samping rumah yang kutanam lima tahun yang lalu.


Merupakan pohon kenangan dari sahabatku waktu aku berkunjung ke rumahnya, beberapa tahun yang silam. “Tanamlah ini di lingkungan rumahmu agar terlihat hijau. Jika lingkungan sekitarmu hijau suasana akan adem otomatis keberadaan oksigen semakin bertambah udara jadi bersih terbebas polusi,” katanya waktu itu.


 


Kala kupandangi rindangnya daun  jeruk purut anganku selalu lekat dengan Marni sahabatku yang sekarang sudah beristirahat dengan tenang karena  kanker yang bersarang di tubuhnya..


 


Daun-daun jeruk purut itu akan aku sedekahkan  lewat tetanggaku yang membutuhkan dan bila terlalu lebat akan kupetik dan  kuberikan pada penjual bumbu di pasar.  Semua itu aku niatkan untukmu.


Sekarang memang kamu telah pergi namun keberadaanmu selalu dekat di hatiku dan satu hal lagi akan kujadikan pohon jeruk purut sebagai ladang amalmu yang akan kau panen setiap waktu. Semoga engkau selalu mendapat jalan lapang dan tenang di sisi-Nya


Gresik,03-03- 2024


#semankawriters

#semangka3_003

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte