Nirmala

 Nirmala



Apa yang ada dalam.benakmu ketika mendengar kata nirmala? Nama tokoh legendaris dari majalah Bobo,   Dia peri cantik suka menolong, ramah, baik hati, rendah hati dan selalu memakai baju berwarna pink. Mempunyai teman seorang kurcaci bernama Oki. Oki selalu memakai baju berwarna hijau.


Sedangkan menurut KBBI nirmala mempunyai : arti tanpa cacat cela; bersih; suci; tidak bernoda. Ternyata kata Nirmala menyiratkan makna yang sempurna baik yang melekat pada tokoh yang berperan sebagai peri di majalah Bobo maupun makna yang tersurat dari KBBI.


Kesempurnaan kalau di aplikasikan dalam dunia nyata rasanya mustahil karena tidak ada manusia yang sempurna dan kesempurnaan hanyalah milik Allah Yang Maha Pencipta. Memang kesempurnaan sebagai makhluk tidak ada namun setidaknya ikhtiar mendekati kesempurnaan akan menjadi lebih baik.


Bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk melakukan ikhtiar ini. Ada pengampunan,  melipat gandanya pahala saat berbuat kebaikan ,ada keberkahan, dibelungunya syaitan, pembebasan api neraka dan dibukanya pintu pintu surga. Itulah keistimewaan bulan Ramadan.


Makanya saat bulan Ramadan banyak  dijumpai perbuatan baik  bertebaran di mana-mana. Seperti menyediakan buka bersama di musala maupun masjid, pembagian takjil gratis di pinggir-pinggir jalan, pemberian sembako pada orang yang memerlukan.  Peningkatan ibadah pun melonjak drastis, dibukanya kajian-kajian Ramadan, dibacanya ayat-ayat suci Al-Qur'an sehingga selalu terdengar alunan ayat suci baik dari toa masjid atau musala maupun di rumah rumah tinggal.


Untuk pencapaian pribadi  ada juga yang mentargetkan minimal satu kali khatam Al-Qur'an,  syukur kalau bisa lebih dari satu kali. Meningkatnya sedekah  dengan berbagi takjil kepada tetangga maupun dikirim ke masjid masjid  dan musala. Pengendalian hawa napsu juga terlihat pada pribadi yang melakukan ibadah puasa sehingga membuat suasana menjadi kondusif.


Itu semua dilakukan karena iman dan takwa pada Allah Swt dan mengharap rida-Nya. Bulan Ramadan telah mengubah pribadi orang menjadi lebih peka dan lebih baik secara menyeluruh baik hablumminanas maupun hablumminaalah. Kalau dalam negeri dongeng tokoh Nirmala memberikan imajinasi untuk berbuat baik, suka menolong, rendah hati namun, pada bulan Ramadan  perbuatan baik itu berwujud nyata bisa dirasakan oleh orang-orang yang berkontribusi.


Semoga keberkahan  Ramadan bisa terus  mewarnai bulan -bulan berikutnya meskipun Ramadan telah meninggalkannya. Semoga pula orang-orang yang berjiwa  nirmala akan senantiasa dalam kehidupan ini.

Gresik,26 Maret 2024

#RWC24

#RWCday14



Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte