1 SYAWAL DAN SILATURAHMI

 1 SYAWAL DAN SILATURAHMI

Oleh:Endang Setyowati

1Syawal 1445 H tahun ini jatuh pada tanggal  10 April 2024 Hari Rabu. Bagi umat muslim 1Syawal merupakan hari yang dinanti setelah sebulan menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan.

Cara Penetapan 1 Syawal  sama dengan cara menetapkan 1Ramadan awal puasa yakni dengan memakai metode rukyah dan metode hisab. Metode rukyah dengan melihat langsung bulan  ditempat yang telah ditetapkan. Sedangkan metode hisab berdasarkan perhitungan.

Saat bulan sudah dapat di lihat maka  Ramadan diakhiri dan hari raya Idulfitri telah datang. Hari raya yang ditandai dengan munculnya bulan kemudian takbir berkumandang diseluruh penjuru dunia. Di tanah air  takbir menyambut hari Idulfitri selain dikumandangkan di musala masjid juga dikumandangkan berkeliling. 

Takbir keliling sendiri sangat menarik karena dilaksanakan dengan kreatifitas yang unik. Ada yang berkeliling berjalan dengan pawai obor dengan mengucap gema takbir. Ada yang memakai  kendaraan roda empat dengan perlengkapan soudsystem. Ada juga yang dihiasi dengan berbagai atribut yang menarik.

Selaun takbir keliling pembayaran dan pembagian zakat fitrah juga dilaksanakan saat malam takbiran. Zakat fitrah sendiri sebenarnya sudah bisa di mulai saat puasa Ramadan dutetapkan dan berakhir sebelum salat  Idulfitri dilaksanakan. Pembagian zakat fitrah dimaksudkan agarvoada saat merayakan idul fitri semua umat muslim bergembira merayakannya. Hari itu tidak ada yang kelaparan dan tidak ada yang berpikir akan makan apa bagi saudara kita yang kurang beruntung. Semuanya bergwmbira merayakan hari idul fitri. Itulah kenapa batas pembayaran dan pembagian zakat sebelum salat idulfitri di mulai.

Setelah semalam mengumandangkan takbir, tahmid dan pembagian zakat pagi harinya umat muslim mengadakan ibadah salat idulfitri. Pelaksanaanya ada yang di masjid dan ada yang digelar di lapangan. Anak-anak orang tua rwmaja putra dan putri  berduyun -duyun ke masjid- masjid  dengan pakaian yang terbaik dan menggunakan wewangian atau parfum. Semua wajah cerah ceria tiada duka yang mewarnai wajah teelihat cantik dan ganteng. Wajah kemenangan teegambar pada oaras wajah yang berswri seri.

Mereka merayakan kemenangan setelah satu bulan berpuasa menahan hawa napsu, menahan haus dan lapar.

Bersambung

Gresik, 22-04-2024


#idulfitri




Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Niche Blog Sangat Perlu?

ODOP BLOGGER SQUAD

Review Tempat Wisata Santerra De Laponte